Peringati Hari Lahir Pancasila dan Bulan Bung Karno, Rumah De Giri Gelar Kelas Politik Anggaran

- Kamis, 1 Juni 2023 | 22:27 WIB
Rumah De Giri gelar pelatihan Kelas Politik Anggaran (Istimewa)
Rumah De Giri gelar pelatihan Kelas Politik Anggaran (Istimewa)

AYOSURABAYA.COM - Rumah De Giri yang merupakan Rumah Aspirasi Anggota DPR RI Komisi VI Fraksi PDI Perjuangan, Sonny T Danaparamita, mengadakan 'Kelas Politik Anggaran' yang digelar bertepatan pada Hari Lahir Pancasila, Kamis (1 Juni 2023) di Jl. Wijaya Kusuma No 11 A (depan SMP N 1 Giri).

Sonny T Danaparamita mengatakan, setiap tahunnya sebagai kader PDI Perjuangan dan juga warga negara yang taat hukum, pihaknya secara rutin memperingati Hari Lahir Pancasila dengan menggelar berbagai kegiatan.

"Isi Keppres 24 tahun 2016 tentang penetapan hari lahir Pancasila itu udah jelas, yakni 1 Juni sebagai hari lahir Pancasila dan ditetapkan sebagai hari libur, serta harus diperingati. Makanya pada tanggal 1 Juni ini kami memperingatinya dengan berbagai cara, diantaranya dengan membuka Kelas Politik Anggaran. Dan menurut saya ini sejalan dengan pikiran Bung Karno yang disampaikan pada 1 Juni 1945, khususnya mengenai Demokrasi Politik dan Demokrasi Ekonomi," kata Sonny.

Kegiatan yang juga menjadi bagian dalam rangkaian peringatan Bulan Bung Karno 2023 ini, menghadirkan Gulfino Guevarrato dari Forum Indonesia Untuk Tranparasi Anggaran (FITRA) sebagai narasumber.

Baca Juga: Sonny T Danaparamita Ajak Peternak Lokal Jadikan Banyuwangi Sentra Kambing PE Ras Kaligesing Berkualitas

Syaiful Nor Hakim selaku Koordinator Acara mengungkapkan tujuan digelarnya Kelas Politik Anggaran, untuk meningkatkan kapasitas berbagai kelompok masyarakat sipil, yang nantinya dapat ikut melakukan kontrol terhadap kebijakan anggaran.

Suasana kegiatan Kelas Politik Anggaran
Suasana kegiatan Kelas Politik Anggaran

Puluhan peserta yang hadir terdiri dari lintas kelompok masyarakat diantaranya aktivis sosial, mahasiswa, dosen, jurnalis, hingga Lembaga Swadaya Masyarakat.

Dalam pemaparannya, Gulfino Guevarrato menerangkan beberapa materi yang terdiri dari filosofi anggaran, proses dan prosedur anggaran daerah serta analisis perencanaan dan penganggaran daerah.

Pria yang akrab disapa Fino ini mengapresiasi seluruh peserta yang menunjukkan atensinya dalam memahami persoalan mengenai anggaran, dibuktikan dengan keaktifan diskusi selama kegiatan berlangsung.

Baca Juga: Eri Cahyadi Ajak Masyarakat Surabaya Terapkan Nilai-Nilai Pancasila di Kehidupan Sehari-hari

"Atensi dari teman-teman begitu bagus, diskusinya juga sangat natural sekali, menggambarkan kondisi dan realitas yang ada di Banyuwangi seperti apa, dan yang paling penting ada ketertarikan dari teman-teman peserta," kata Fino.

Gulfino Guevarrato saat memaparkan materi
Gulfino Guevarrato saat memaparkan materi

Fino berharap, kegiatan serupa dapat terus diadakan baik secara formal maupun non formal, untuk menciptakan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam mengawal kebijakan publik khususnya di Kabupaten Banyuwangi.

Halaman:

Editor: Mohammad Syahid Satria

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

Pilgub Jatim 2024: PKS Mulai 'Pepet' Khofifah?

Rabu, 3 April 2024 | 07:21 WIB
X