Yuk Kenali Gejala Baru Varian Covid-19 Omicron

- Senin, 17 Januari 2022 | 07:28 WIB
Ilustrasi virus Corona varian Omicron.
Ilustrasi virus Corona varian Omicron.

AYOSURABAYA.COM -- Para ilmuwan membuat daftar gejala varian Omicron baru yang dapat mengidentifikasi selain tanda-tanda umum Covid-19. Penelitian ini didasari dari banyaknya orang yang kebingungan, apakah mereka terinfeksi Omicron atau hanya flu biasa.

Sebagaimana diketahui, gejala utama Covid-19 adalah suhu tinggi, batuk yang terus menerus, dan kehilangan atau perubahan pada indera penciuman dan perasa.

Tetapi para ilmuwan dari ZOE, sebuah aplikasi khusus kesehatan, mengklaim bahwa orang yang dites positif Omicron, melaporkan gejala yang lebih mirip flu biasa. Para ahli kemudian membandingkannya dengan data dari awal Oktober ketika Delta menjadi varian dominan.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Surabaya Hari Ini, Senin, 17 Januari 2022, Hujan Ringan Sore Hingga Tengah Malam

Dosen Senior Klinis di King's College London Claire Steven menemukan lima gejala paling banyak ditemukan pada pasien Omicron. Gejala-gejala tersebut yaitu pilek, sakit kepala, kelelahan, bersin, dan sakit tenggorokan.

Claire mengatakan, ada gejala lain secara berurutan pada varian Omicron termasuk batuk terus menerus, suara serak, demam, pusing, kabut otak, penciuman yang berubah, sakit mata, nyeri otot yang tidak biasa, kehilangan penciuman, sakit dada, dan kelenjar bengkak.

Claire mengatakan gejala seperti pilek tetap menjadi gejala utama pada orang yang terinfeksi covid dan gejala klasik seperti batuk justru jauh lebih jarang terjadi.

Baca Juga: Jadwal Sholat Kota Surabaya Hari Ini 17 Januari 2022 dan Doa Saat Menghadapi Sakratul Maut

"Gejala yang paling banyak dilaporkan benar-benar sangat mirip dengan pilek, terutama pada orang yang telah divaksinasi," ujarnya dilansir dari mirror.co.uk, Senin 17 Januari 2022.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X