Mata Merah Jadi Gejala Omicron, Ahli Kesehatan Imbau Bersihkan Mata Dengan Air Dingin

- Rabu, 19 Januari 2022 | 05:41 WIB
Ilustrasi--Mata merah (Pixabay)
Ilustrasi--Mata merah (Pixabay)

AYOSURABAYA.COM -- Sejak varian Omicron ditemukan, gejala antara Omicron dengan strain lain banyak menjadi pembahasan. Gejala Covid-19 pada umumnya berupa batuk, demam, dan kehilangan indra penciuman atau pengecapan.

Tetapi gejala-gejala umum itu tidak terjadi jika suatu individu terinfeksi varian Omicron. Varian itu dilaporkan berbeda dengan varian-varian Covid-19 lainnya.

Baru-baru ini, dua gejala aneh pada varian Omicron dilaporkan salah satu penderita. Dia mengatakan ketika varian Omicron menyerang, matanya memerah atau konjungtivitis.

Baca Juga: Banjir Kepung Enam Kecamatan di Pasuruan, BMKG Sebut Potensi Hujan Intensitas Tinggi Masih Akan Terjadi

Seorang dokter dari Golden Eye Care di Inggris bernama Nina Aslam menjelaskan bahwa konjungtivitis akibat varian Omicron karena, reseptor sel yang digunakan varian Covid-19 untuk masuk ke dalam tubuh manusia terdapat di bagian mata.

“Virus menembus tubuh dengan mengelabui reseptor Angiotensin-Converting Enzyme 2 (ACE-2) agar mengira virus itu adalah enzim ACE-2,” jelasnya seperti dilansir dari My London News, Selasa 18 Januari 2022.

"Reseptor ini ditemukan di berbagai bagian mata, sel yang melapisi retina, putih mata, dan kelopak mata,” lanjutnya.

Baca Juga: Les Copaque Klarifikasi Teori Konspirasi Upin Ipin

Aslam juga menjelaskan bahwa varian Omicron memiliki kemampuan yang lebih besar untuk mengikat reseptor ACE-2, dibandingkan dengan varian Beta dan Delta.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X