Koalisi Masyarakat Sunda Minta DPR RI Tarik Arteria Dahlan

- Rabu, 19 Januari 2022 | 14:56 WIB
 Koordinator Koalisi Masyarakat Penutur Bahasa Sunda, Cecep Burdansyah (ayobandung)
Koordinator Koalisi Masyarakat Penutur Bahasa Sunda, Cecep Burdansyah (ayobandung)

AYOSURABAYA.COM -- Pemerhati Budaya Sunda yang terdiri dari seniman, budayawan, masyarakat Sunda, yang tergabung dalam Koalisi Masyarakat Penutur Bahasa Sunda, meminta DPP PDIP untuk menarik Arteria Dahlan dari keanggotaan di DPR RI.

"Kalau PDIP memikirkan masa depannya, memikirkan partainya, terutama di Jabar di tatar Sunda, maka dia (PDIP) harus mencopot Arteria Dahlan," kata Koordinator Koalisi Masyarakat Penutur Bahasa Sunda, Cecep Burdansyah di Perpustakaan Ajip Rosidi, Kota Bandung, Rabu, 19 Januari 2022.

Tak hanya itu, pihaknya juga meminta Mahkamah Kehormatan DPR untuk memeriksa Arteria Dahlan, terkait maksud yang dilontarkannya yang menyinggung penggunaan Bahasa Sunda dalam rapat kerja.

Baca Juga: Spanduk Arteria Dahlan Musuh Orang Sunda Terpasang di Sejumlah Ruas Jalan di Kota Bandung

"Kami akan mengkaji dari bidang hukum apakah pernyataan Arteria Dahlan itu fitnah. Artinya, tidak ada Kajati yang menggunakan Bahasa Sunda," ujarnya.

"Sehingga itu (menyinggung penggunaan Bahasa Sunda) bisa menimbulkan keonaran di masyarakat (Sunda), bisa dikenakan Pasal 14 dan 15," sambungnya.

Di tempat yang sama, Budayawan Sunda, Budi Dalton mengungkapkan, pihaknya membagi dua tanggapan berkaitan dengan singgungan Artaria Dahlan terhadap penggunaan Bahasa Sunda dalam rapat kerja.

Baca Juga: Ciri-Ciri Akun Anda Lolos dan Tidak Lolos di Kartu Prakerja Gelombang 23

Yang pertama, menurut Budi, dia memandang Arteria Dahlan sebagai Anggota Dewan, yakni Anggota Komisi III DPR RI. Kedua, Arteria Dahlan dilihat dari partainya bernaung yaitu PDIP.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X