Kasus Omicron Melonjak Hingga 11 Ribu Perhari, Tokyo dalam Status Darurat

- Sabtu, 22 Januari 2022 | 17:23 WIB
Ilustrasi Tokyo, Jepang.  (Kishor on Unsplash)
Ilustrasi Tokyo, Jepang. (Kishor on Unsplash)

AYOSURABAYA.COM – Pemerintah Jepang mengkonfirmasi bahwa Ibu Kota Tokyo berada dalam keadaan darurat setelah adanya lonjakan kasus Covid-19 sebanyak 11.227 kasus baru Covid-19. Jumlah ini merupakan yang tertinggi dalam empat hari berturut-turut.

Beberapa daerah lain juga melaporkan adanya infeksi tertinggi, termasuk Kota Osaka yang mencatat 7.375 kasus dan dua kematian. Lalu Aichi mengkonfirmasi 3.457 kasus dan satu kematian, Kagoshima mencatat 370 kasus baru dan Shiga melaporkan 701 kasus baru.

Otoritas setempat melaporkan peningkatan kasus di Jepang akibat dari penyebaran varian Omicron sejak awal pergantian tahun. Rata-rata dalam tujuh hari kasus di Tokyo mencapai 7.145 atau naik sebanyak 294,4% dari minggu sebelumnya.

Baca Juga: Cara Klaim Jaminan Hari Tua Secara Online dan Dokumen yang Harus Dipersiapkan

Sementara itu, tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit di Tokyo yang disisihkan untuk pasien Covid-19 mencapai 34,3% pada hari ini. Masih ada sebanyak 2.969 orang di Tokyo belum menerima satu dosis vaksin Covid-19

Keadaan darurat sementara saat ini tidak hanya berlaku di Tokyo, namun juga di 16 kota lain di Jepang. Pemerintah setempat mulai memperlakukan status darurat mulai 9 Januari hingga setidaknya akhir bulan ini.

Dilansir dari Japan Today, total jumlah kasus di Jepang mencapai 49.854 kasus pada Jumat lalu. Angka tersebut merupakan yang tertinggi selama empat hari berturut-turut. Jumlah pasien Covid-19 dengan gejala parah meningkat 117 menjadi 404 pada Kamis lalu, dan tercatat 9 kematian akibat Covid-19.

Baca Juga: Jadwal Lengkap 10 Pertandingan Liga Inggris Akhir Pekan Ini dan Link Live Streaming di Mola TV

Proporsi kasus yang diduga varian Omicron di Jepang menjadi sekitar 93% dari total kasus positif yang dikonfirmasi dalam seminggu. Hal itu diperkirakan oleh Kementerian Kesehatan Jepang.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X