Hasil Penelitian Ungkap Gejala Varian Omicron pada Laki-laki dan Perempuan Berbeda

- Rabu, 26 Januari 2022 | 18:40 WIB
Pasien Covid-19 sedang menjalani perawatan.  (Mufid Majnun on Unsplash)
Pasien Covid-19 sedang menjalani perawatan. (Mufid Majnun on Unsplash)

AYOSURABAYA.COM - Sebuah hasil penelitian mengungkapkan bahwa gejala umum yang ditimbulkan varian Omicron antara laki-laki dan perempuan bisa berbeda. Penelitian itu dilakukan oleh Web MD, perusahaan Amerika yang fokus terhadap kesehatan manusia.

Mereka mengatakan bahwa 40% wanita mengeluhkan kelelahan akibat tertular varian Omicron. Sementara itu, hanya sepertiga laki-laki yang terpengaruh gejala kelelahan.

Umumnya, orang melaporkan reaksi yang lebih ringan terhadap varian Omicron. Tetapi banyak pasien menyadari bahwa gejala yang ditimbulkan Omicron berbeda dengan Alpha, Beta, dan Delta.

Baca Juga: Mendidik Puluhan Anak Muda Jadi Konsultan Andal di Perdagangan Komoditi Berjangka

Lima gejala Omicron yang berbeda dengan varian lain adalah tenggorokan gatal, batuk kering, kelelahan ekstrim, nyeri otot ringan, dan keringat malam.

Pakar penyakit menular Sachin Nagrani mengatakan gejala kelelahan memungkinkan hanya menjadi penanda awal infeksi Covid-19. Namun di satu sisi, dia juga menuturkan kelelahan juga dapat dengan mudah disebabkan oleh penyebab lain.

"Penting juga untuk diingat bahwa banyak kasus Covid-19 tidak menunjukkan gejala sama sekali, yang menjadi salah satu alasan penyebarannya begitu mudah," ujar dia dilansir dari Dorset Echo, Rabu 26 Januari 2022.

Baca Juga: Mengenal Perang Obor, Tradisi Tolak Bala di Jepara

Saat ini, varian Omicron telah membuat banyak negara mengalami lonjakan kasus Covid-19. Bahkan, Eropa kini dalam situasi mencekam dimana ada puluhan kasus baru yang teridentifikasi dalam satu hari di satu negara.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bank BTN Road Show Tabungan BTN Bisnis di Medan

Minggu, 25 September 2022 | 17:18 WIB
X