Kunjungan Wisatawan ke Batu Malang Turun Hingga 50% Akibat Lonjakan Covid-19

- Sabtu, 12 Februari 2022 | 07:39 WIB
Salah satu obyek wisata di Batu Malang.  ( titan juniawan)
Salah satu obyek wisata di Batu Malang. ( titan juniawan)

AYOSURABAYA.COM -- Jumlah kunjungan wisatawan ke wilayah Kota Batu, Jawa Timur, mengalami penurunan hingga 50 Persen. Penurunan tersebut akibat lonjakan kasus konfirmasi positif Covid-19 yang terjadi di sejumlah daerah di Indonesia.

Hal itu disampaikan Direktur Utama Taman Rekreasi Selecta Kota Batu Sujud Hariadi, di Kota Batu, Jawa Timur, Jumat (11/2/2022).

"Sekarang sudah mulai terdampak, ada penurunan jumlah wisatawan. Penurunan hampir 50 persen dari situasi normal saat pandemi," kata Sujud dikutip dari Republika

Baca Juga: 7 Simbol Hari Valentine dan Maknanya, Salah Satunya Mengapa Cokelat ?

Sujud menambahkan sebelum terjadi lonjakan kasus konfirmasi positif Covid-19, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Taman Rekreasi Selecta Kota Batu pada akhir pekan bisa menembus angka 5.000 orang per hari. Namun sejak terjadi lonjakan Covid-19, kunjungan pada akhir pekan lalu tidak mencapai 5.000 wisatawan. Kondisi tersebut juga berdampak pada hari-hari lain, atau hari kerja.

"Untuk weekdays lebih sepi. Kemarin sudah mencapai 700 hingga 800 orang per hari, bahkan terkadang mencapai 1.000 orang. Namun angka sudah turun, Jumat (11/2) ini hanya ada 250 orang pengunjung," katanya.

Sujud menjelaskan lebih lanjut, meskipun saat ini wilayah Kota Batu berstatus level 2 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), namun pada sejumlah daerah asal wisatawan seperti Surabaya dan sekitarnya telah mengalami lonjakan kasus konfirmasi Covid-19.

Baca Juga: Per 11 Februari 2022, Kasus Aktif Covid-19 di Surabaya Bertambah 1366 Kasus

"Walaupun wisatawan mengetahui di Kota Batu PPKM level 2 dan dalam kondisi baik, namun di daerah mereka seperti Surabaya sudah banyak kasus. Jadi wisatawan yang akan berangkat untuk berwisata juga melakukan pertimbangan," ujarnya.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X