Segera Tiba, Ini 5 Keistimewaan Ramadan

- Selasa, 8 Maret 2022 | 16:39 WIB
Ilustrasi bulan Ramadan.  (mostafa meraji on Unsplash)
Ilustrasi bulan Ramadan. (mostafa meraji on Unsplash)


AYOSURABAYA.COM -- Bulan suci Ramadan 2021 diperkirakan akan jatuh pada tanggal 2 atau 3 April. Bulan suci bagi umat Islam ini memiliki banyak keistimewaan dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya berikut ini.

Berikut adalah 5 keistimewaan bulan Ramadan dikutip dari Republika.

1. Pahala Amal Perbuatan akan Dilipatgandakan
Setiap amal perbuatan baik yang dikerjakan pasti akan diganjar pahala oleh Allah. Nah, dalam bulan Ramadan ini, seluruh amalan dan ibadah yang kamu kerjakan akan dilipatgandakan pahalanya.

Baca Juga: Coba Terapkan! Ini Tips Jitu Lolos UTBK SBMPTN 2022

Apalagi di bulan Ramadan ini banyak amal ibadah istimewa seperti sholat tarawih, zakat fitrah, dan sedekah makan orang yang berbuka puasa. Sehingga amal dan ibadah yang kamu kerjakan bisa bertambah pahala berlipat-lipat.

2. Dibukanya Pintu Kebaikan
Dalam riwayat hadits Bukhari dan Muslim, apalagi bulan Ramadan datang, seluruh pintu-pintu langit dibuka, pintu-pintu neraka ditutup rapat, dan setan dibelenggu. Dengan begitu, keistimewaan bulan Ramadan sebagai momentum memperbanyak amal kebaikan dan ibadah seluas-luasnya.

Baca Juga: Dituding Dibantu Vigit Waluyo, Manajemen Putra Deltra Sidoarjo Akhirnya Buka Suara ke Publik

3. Bulan Pengampunan Dosa
Setiap hambaNya yang sungguh-sungguh bertaubat dan menjalankan ibadah puasa Ramadan dengan ikhlas, pasti Allah akan membuka pintu ampunan seluas-luasnya atas dosa-dosa yang lalu. Sabda Nabi Muhammad SAW yang artinya, "Barang siapa berpuasa Ramadan karena iman dan mengharap pahala, makan akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu."

4. Malam Lailatul Qadar
Keistimewaan bulan Ramadan berikutnya adalah adanya malam Lailatul Qadar yang nilainya lebih baik dari 1000 bulan. Malam yang juga disebut dengan malam seribu bulan ini merupakan malam yang mulia.

Hiasi malam-malam khususnya 10 hari terakhir di bulan Ramadan dengan lebih banyak amal dan ibadah agar mendapat pahala malam Lailatul Qadar ini.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X