KPK Endus Bagi-bagi Lahan Kavling IKN

- Kamis, 10 Maret 2022 | 11:46 WIB
Gedung KPK di Jakarta.(dok/ist)
Gedung KPK di Jakarta.(dok/ist)

AYOSURABAYA.COM -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengendus bagi-bagi lahan kavling di lahan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata. Namun, Alex tidak merinci lebih detail tentang bagi-bagi lahan yang dimaksud.

"Ternyata lahan IKN itu tidak semuanya clean and clearing. Dari informan kami sudah ada bagi-bagi kavling. Bapak Presiden juga sudah meminta pengawalan IKN kepada KPK," kata Alexander Marwata dikutip dari Republika, Kamis 10 Maret 2022.

Baca Juga: German Open 2022: Tiga Wakil Indonesia Kantongi Babak 16 Besar

KPK berharap, pembangunan ibu kota baru termasuk apapun bisnis yang dilakukan di Kaltim memberikan manfaat luas untuk masyarakat. Alex meminta, agar setiap pihak yang terlibat dalam kegiatan niaga di daerah tersebut tidak mengambil keuntungan pribadi.

Dia juga berharap, koordinasi pencegahan korupsi ke depan semakin baik. Alex meminta, setiap pelaku bisnis untuk membayarkan pajak dengan benar, pembangunan yang dilakukan di daerah juga minim dampak lingkungan serta perusahaan bertanggung jawab secara sosial.

"Jangan sampai tikus mati di lumbung padi. Seharusnya, tidak ada masyarakat miskin di Kaltim. Ibukota Negara juga menjadi prioritas kami," katanya.

Baca Juga: Gunungapi Merapi Luncurkan APG Sejauh 5 Kilometer, Sebanyak 253 Jiwa Mengungsi

Sementara, rakor tersebut juga dihadiri inspektur Jenderal Kemendagri, Kepala Perwakilan BPKP, Kepala Kanwil ATR/BPN provinsi Kaltim, Kepala Daerah Kutai Barat, Kutai Timur, Berau, Bontang, Mahakam Hulu, Balikpapan, Kutai Kartanegara, Penajam Paser Utara, Paser serta Forkopimda.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X