Apa yang Harus Dilakukan Sebelum, Sesaat, dan Sesudah Gempa Bumi

- Senin, 14 Maret 2022 | 10:25 WIB
Satu unit rumah rusak berat akibat gempa M5,1 yang mengguncang Jember pada Kamis, 16 Desembe 2021, pagi.   (BNPB)
Satu unit rumah rusak berat akibat gempa M5,1 yang mengguncang Jember pada Kamis, 16 Desembe 2021, pagi. (BNPB)

 

AYOSURABAYA.COM -- Merujuk data Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB), secara geografis Indonesia merupakan negara kepulauan yang terletak pada pertemuan empat lempeng tektonik yaitu lempeng Benua Asia, Benua Australia, lempeng Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

Pada bagian selatan dan timur Indonesia terdapat sabuk vulkanik (volcanic arc) yang memanjang dari Pulau Sumatera ? Jawa – Nusa Tenggara ? Sulawesi, yang sisinya berupa pegunungan vulkanik tua dan dataran rendah yang sebagian didominasi oleh rawa-rawa.

Kondisi tersebut sangat berpotensi sekaligus rawan bencana seperti letusan gunung berapi, gempa bumi, tsunami, banjir dan tanah longsor. Data menunjukkan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki tingkat kegempaan yang tinggi di dunia, lebih dari 10 kali lipat tingkat kegempaan di Amerika Serikat.

Baca Juga: Fakta-fakta Gempa M 6,7 yang Mengguncang Kawasan Mentawai Bagian Utara

Sebagai masyarakat yang tinggal di negara yang rentan terhadap bencana gempa bumi, sudah menjadi kewajiban bagi semuanya untuk bersiap menghadapai bencana alam tersebut.

Lantas apa yang apa yang harus dilakukan sebelum, sesaat, dan sesudah gempa bumi. Berikut adalah rangkumannya dikutip dari BMKG.

SEBELUM TERJADI GEMPA BUMI

A. Kunci Utama adalah

  • Mengenali apa yang disebut gempabumi;
  • Pastikan bahwa struktur dan letak rumah Anda dapat terhindar dari bahaya yang disebabkan oleh gempabumi (longsor, liquefaction dll);
  • Mengevaluasi dan merenovasi ulang struktur bangunan Anda agar terhindar dari bahaya gempabumi.

Baca Juga: Daftar Harga Bahan Pokok Kota Surabaya Hari Ini Senin 14 Maret 2022

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X