Kali Gondang Meluap, 200-an Rumah di Kabupaten Bojonegoro Terendam Banjir

- Minggu, 20 Maret 2022 | 07:12 WIB
Ilustrasi banjir.  (BNPB)
Ilustrasi banjir. (BNPB)

AYOSURABAYA.COM -- Sebanyak 200-an rumah penduduk di Kecamatan Gondang, Kabupaten Bojonegoro, terendam banjir setinggi sebetis oranng dewasa akibat air sungai yang meluap setelah diguyur hujan deras pada Sabtu, 19 Maret 2022, sore.

Banjir menerjang Desa Gondang dan Desa Pragelan Kecamatan Gondang Kabupaten Bojonegoro. Banjir luapan Anak Sungai Pacal dan Sungai Kali Gandong terjadi sekitar pukul 17.45 WIB. Selain itu, sungai di Desa Pragelan Kecamatan Gondang juga kondisinya sama.

Kepala Desa Gondang, Agus Riyanto, mengatakan intensitas hujan yang tinggi menyebabkan sungai tidak bisa menampung air hujan dan meluber ke permukiman warga. Luapan air yang menggenangi jalan raya dan rumah warga setinggi antara 40 cm hingga 130 cm.

Baca Juga: Daftar Harga Bahan Pokok Kota Surabaya Hari Ini Sabtu 20 Maret 2022

“Genangan air di jalan raya maupun rumah warga sekitar dua jam sudah surut. Saat ini jalan sudah bisa dilalui kendaraan bermotor,” ujarnya, dikutip dari beritajatim

Sementara jumlah rumah warga yang tergenang sesuai dengan laporan menyebutkan, jumlah warga di Desa/Kecamatan Gondang yang tergenang sebanyak 88 kepala keluarga. Sedangkan di Desa Pragelan Kecamatan Gondang terdapat 28 kepala keluarga. Dengan jumlah rumah sebanyak 97 rumah.

“Selama musim penghujan, banjir luapan yang terjadi saat ini yang paling besar. Untuk fasilitas umum yang tergenang diantaranya jalan PUK Gondang dan Puskesmas,” pungkasnya.

Editor: Andres Fatubun

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ferdy Sambo Suap LPSK? Pengacara Ngaku Tak Tahu

Jumat, 12 Agustus 2022 | 18:49 WIB
X