Pernikahan Anak di Jatim Tinggi, Literasi Digital Perlu Ditingkatkan

- Rabu, 23 Maret 2022 | 09:48 WIB
Ilustrasi pernikahan dini.  (Wu Jianxiong on Unsplash)
Ilustrasi pernikahan dini. (Wu Jianxiong on Unsplash)

 

AYOSURABAYA.COM -- Berdasarkan data Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Kependudukan (DP3AK) Jatim, angka dispensasi nikah (Diska) mengalami peningkatan signifikan.

Pada 2019, dispensasi nikah di Jawa Timur tercatat 5.766 kasus. Kemudian pada 2020 meningkat signifikan menjadi 17.214 kasus. Meskipun pada 2021 angka Diska mengalami penurunan, namun tidak signifikan. Angka Diska di Jatim pada 2021 tercatat 17.151 kasus.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyatakan akan menekan angka pernikahan dini yang angkanya masih sangat tinggi.

Baca Juga: 5 Keajaiban Memberikan Sedekah di Bulan Ramadhan

"Strategi preventif harus terus dilakukan untuk menekan laju pernikahan dini ini. Di antaranya dengan memberi edukasi tentang usia ideal minimum pernikahan," jelas Khofifah, Selasa, dikutip dari Republika 22 Maret 2022.

Khofifah menjelaskan literasi masyarakat mengenai pernikahan juga harus ditingkatkan melalui pemanfaatan teknologi informasi digital. Dengan kencangnya arus informasi yang ada, masyarakat dapat lebih mudah memperoleh pengetahuan ikhwal pernikahan.

Dia mengutarakan lebih lanjut, perencanaan dan persiapan jelang pernikahan mutlak diperlukan. Termasuk dari sisi psikologis pasangan dan pertimbangan finansial. Dengan begitu, setelah menikah tidak lantas menjadi permasalahan baru.

Baca Juga: Kasus Harian Covid-19 di Surabaya Per 22 Maret Berjumlah 109 Kasus, Sembuh 154 Orang

Khofifah berpendapat, penyebab tingginya angka dispensasi nikah antara lain karena tradisi dan budaya, faktor internal, emosional, pendidikan, media massa, dan internet. Maka dari itu, kata dia, literasi digital menjadi sangat penting untuk mencegah pernikahan anak usia dini.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ferdy Sambo Suap LPSK? Pengacara Ngaku Tak Tahu

Jumat, 12 Agustus 2022 | 18:49 WIB
X