Ini Bacaan Doa dan Amalan Malam Nuzulul Quran 17 Ramadhan Lengkap dengan Tulisan Arab dan Artinya

- Kamis, 14 April 2022 | 13:43 WIB
Ilustrasi bacaan doa dan amalan malam Nuzulul Quran 17 Ramadhan lengkap dengan tulisan Arab dan artinya. (pixabay/EmAji)
Ilustrasi bacaan doa dan amalan malam Nuzulul Quran 17 Ramadhan lengkap dengan tulisan Arab dan artinya. (pixabay/EmAji)

AYOSURABAYA.COM-- Bulan Ramadhan sudah memasuki pertengahan bulan, di mana sebentar lagi akan ada peristiwa Nuzulul Quran.

Nuzulul Quran merupakan peristiwa dimana pada malam tersebut diturunkannya Al Quran yang menjadi pedoman serta kitab bagi umat muslim.
 
Peristiwa ini diketahui akan terjadi pada malam ke-17 Ramadhan. 
 
Pada puasa Ramadhan tahun 2022 ini jika mengacu pada awal bulan puasa yaitu 3 April 2022, maka 17 Ramadhan akan jatuh pada Senin, 18 April 2022.
 
 
 
Banyak tradisi serta amalan yang bisa dilakukan ketika Nuzulul Quran tiba seperti membaca Al Quran, melakukan i'tikaf, memperbanyak doa dan amalan baik seperti melakukan tahajud di sepertiga malam. 
 
Bagi anda yang ingin melakukan amalan doa di malam Nuzulul Quran berikut doa yang bisa anda amalkan: 
 
Doa malam Nuzulul Quran 17 Ramadhan 1443 H 

اللهم نور قلوبنا بنور هدايتك كما نورت الارض بنور شمسك ابدا ابدا برحمتك يا ارحم الراحمين

“Allaahumma nawwir quluubanaa bi tilaawatil qur aan, wa zayyin akhlaa qonaa bijaahil qur'an, wa hassin a’maalanaa bi dzikril qur'an, wa najjina minannari bi karomatil qur'an, wa adkhilnal jannata bi syafaatil qur'an.”
 

Artinya: "Ya Allah sinari hati kami sebab membaca Al-Qur’an, hiasi akhlak kami dengan kemuliaan Al-Qur'an, baguskanlah amalan kami karena berdzikir lewat Al-Qur'an, selamatkanlah kami dari api neraka karena kemuliaan Al-Qur'an, masukkanlah kami ke dalam surga dengan syafa’at Al-Qur’an."
 
Selain itu anda yang ingin berdoa meminta ampunan untuk diri sendiri, berikut doa yang bisa diamalkan :
 
“Allahumma Innaka 'afuwwun Tuhibbul 'Afwa fa'fu anni”

Artinya: “Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf dan Engkau mencintai yang meminta maaf, karenanya maafkanlah aku.”
 
Diketahui pada proses turunnya Al Quran dilakukan secara bertahap dimana wahyu pertama yang diterima oleh Nabi Muhammad SAW ialah surat Al-Alaq 1-5.
 
 
Ketika itu nabi sudah mencapai usia 40 tahun, tepatnya pada tanggal 17 Ramadhan, 13 tahun sebelum hijrah. 
 
2 doa amalan diatas bisa menjadi referensi bagi anda yang ingin menjadikan malam 17 Ramadhan menjadi malam yang berarti. 
 
Gunakan Ramadhan kali ini penuh dengan amalan kebajikan, karena belum tentu di tahun selanjutnya kita berkesempatan bertemu dengan bulan Ramadhan. 
 
Demikian informasi mengenai bacaan doa dan amalan malam Nuzulul Quran 17 Ramadhan lengkap dengan tulisan Arab dan artinya. ***
 

Editor: Nurul Hidayah

Artikel Terkait

Terkini

X