Memasuki Bulan Syawal, Ini 8 Amalan Sunnah yang Bisa Anda Kerjakan

- Selasa, 3 Mei 2022 | 13:31 WIB
Ilustrasi amalan sunnah di bulan Syawal. (pixabay/john1cse)
Ilustrasi amalan sunnah di bulan Syawal. (pixabay/john1cse)

AYOSURABAYA.COM-- Bulan Ramadhan telah berakhir, saatnya memasuki bulan Syawal yang ditandai dengan Idul Fitri. Pada bulan Syawal ini Anda bisa melakukan amalan sunnah yang dianjurkan bagi umat muslim.

Ada banyak amalan sunnah yang bisa dilakukan, biasanya yang sering dikerjakan saat memasuki bulan Syawal adalah puasa yakni selama enam hari di awal bulan Syawal.

Selain puasa, ada 8 amalan sunnah di bulan Syawal yang bisa Anda kerjakan agar semakin menambah pahala terutama di  bulan Syawal 2022 ini:

Baca Juga: Mana yang Harus Didahulukan, Bayar Puasa Qadha atau Puasa Syawal? Ini Penjelasan Ustadz Adi Hidayat

  1. Sholat berjamaah

Amalan sunnah bulan Syawal yang pertama adalah sholat berjamaah. Di bulan Ramadhan mayoritas umat muslim akan lebih bersemangat menjalankan sholat berjamaah di masjid daripada bulan lainnya.

Alangkah baiknya kebiasaan sholat berjamaah ini terus dilakukan meskipun bulan Ramadhan telah berakhir. Sholat berjamaah memiliki keutamaan lebih banyak dibanding sholat sendirian.

صَلاَةُ الْجَمَاعَة أفْضَلُ مِنْ صَلاَةِ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِينَ دَرَجَةً
“Rasulullah SAW bersabda: Sholat berjamaah lebih utama dari sholat sendirian sebanyak 27 derajat,” (HR Bukhari: 645 dan Muslim: 650).

Baca Juga: Pilihan Nama Bayi Perempuan yang Lahir di Bulan Syawal dan Artinya

  1. Sholat malam

Amalan sunnah bulan Syawal yang kedua adalah sholat malam. Bulan Syawal merupakan bulan peningkatan ibadah. Ibadah yang telah dilakukan selama bulan Ramadhan hendaknya dilanjutkan pada bulan Syawal ini, seperti ibadah sholat malam.

Di bulan Ramadhan sholat malam yang umum dilakukan berupa sholat tarawih. Sedangkan di bulan Syawal sholat malam yang dapat dilakukan adalah sholat tahajud. Oleh demikian, sholat malam berupa sholat tahajud dapat terus dikerjakan untuk menyambung pahala ibadah Ramadhan.

Halaman:

Editor: Nurul Hidayah

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X