Pemerintah Arab Saudi Berikan Kuota Haji Indonesia Lewat Sistem e-Hajj

- Rabu, 4 Mei 2022 | 12:36 WIB
Jamaah haji tengah mengitari kabah. (pixabay/Abdullah_Shakoor)
Jamaah haji tengah mengitari kabah. (pixabay/Abdullah_Shakoor)

AYOSURABAYA.COM-- Pemerintah Arab Saudi memberikan kuota haji sebanyak 100.051 jemaah kepada Indonesia. Besaran kuota haji reguler dan khusus sudah ditentukan sejak awal oleh Pemerintah Arab Saudi.

Hal tersebut disampaikan oleh Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Hilman Latief.

Ia mengatakan bahwa pemberian kuota haji oleh Pemerintah Arab Saudi diberikan melalui e-Hajj.

 

"Pemberian kuota haji tahun 1443 H/2022 M tidak dilaksanakan seperti tahun-tahun sebelumnya, yaitu melalui penandatangan MoU antardua negara yang diwakilkan oleh Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi dan Menteri Agama RI. Namun, kuota diberikan secara langsung oleh Pemerintah Arab Saudi melalui e-Hajj," papar Hilman dilansir dari Suara.com Rabu (4/5/2022).

Menurutnya, penentuan kuota pada penyelenggaraan ibadah haji 1443 H/2022 M ini bersifat mandatori atau given dari Pemerintah Arab Saudi, dalam hal ini Kementerian Haji Arab Saudi.

Sehingga, tidak ada ruang negosiasi dalam penentuan kuota karena tidak ada juga pembahasan MoU antarmenteri sebagaimana penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya.

Baca Juga: Alhamdulillah, Indonesia Dapat Kuota Haji 100,051 Jemaah dan Mulai Berangkat 4 Juni

"Pembagian kuota haji reguler dan khusus dilakukan mengikuti alokasi yang ditetapkan oleh Pemerintah Arab Saudi. Secara sistem, melalui e-Hajj, Pemerintah Arab Saudi membagi sebanyak 92.825 untuk jemaah haji reguler dan 7.226 untuk jemaah haji khusus," terang Hilman.

Dalam suasana pandemi, penetapan kuota haji oleh Kerajaan Arab Saudi, baru diterbitkan pada pertengahan April.

Halaman:

Editor: Nurul Hidayah

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X