Jangan Anggap Remeh! Bunda Wajib Tahu, Ini Gejala Awal Hepatitis Akut pada Anak yang Harus Diketahui

- Jumat, 6 Mei 2022 | 13:06 WIB
Jangan Anggap Remeh! Bunda Wajib Tahu, Ini Gejala Awal Hepatitis Akut pada Anak yang Harus Diketahui (pixabay/mohamed_hassan)
Jangan Anggap Remeh! Bunda Wajib Tahu, Ini Gejala Awal Hepatitis Akut pada Anak yang Harus Diketahui (pixabay/mohamed_hassan)

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM  – Jangan anggap remeh, Bunda wajib tahu, ini gejala awal hepatitis akut pada anak yang harus diketahui.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan adanya ancaman hepatitis akut pada anak-anak. Hingga kini, WHO belum memberikan penjelasan terkait apa penyebabnya.

Peringatan WHO ini bahkan sudah ditindaklanjuti dengan Surat Edaran Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/C/2515/2022 tentang Kewaspadaan terhadap Penemuan Kasus Hepatitis Akut yang belum Diketahui Etiologinya (Acute Hepatitis Of Unknown Aetiology) pada 27 April 2022.

Baca Juga: Jadwal Misa Mingguan Gereja Katedral Surabaya Minggu 8 Mei 2022, Dilaksanakan Offline Tatap Muka

Namun, bagi Bunda wajib mengetahui gejala awal dari hepatitis akut yang terjadi pada anak-anak sehingga bisa melakukan pencegahan serta penanganan lebih awal.

Berikut gejala awal hepatitis akut misterius pada anak-anak yang orang tua wajib tahu untuk langkah pencegahan.

Lead Scientist untuk kasus hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya pada Anak, Prof dr Hanifah Oswari SpA(K) mengungkapkan, beberapa gejala awal hepatitis akut yang kini jadi sorotan dunia tersebut.

Berdasarkan laporan, gejala awal dimulai dengan masalah saluran pencernaan seperti diare, mual, muntah, sakit perut, kadang disertai demam ringan.

Gejala selanjutnya, akan mengarah ke Hepatitis yakni mengeluarkan buang air kecil seperti teh. Serta, buang air besar yang berwarna kuning pucat, mata dan kulitnya pun menjadi berwarna kuning.

Baca Juga: SEA Games 2021 Vietnam vs Indonesia: Asnawi dan Elkan Baggott Absen, Shin Tae-yong Siapkan Pengganti

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Sumber: Republika

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X