Ini Bacaan Niat Puasa Syawal dan Waktu Pelaksanaannya

- Sabtu, 7 Mei 2022 | 19:00 WIB
Ilustrasi puasa Syawal. (pixabay/ermindalita)
Ilustrasi puasa Syawal. (pixabay/ermindalita)

AYOSURABAYA.COM-- Puasa adalah salah satu kewajiban yang memang harus dilaksanakan oleh umat islam dan juga sunnah yang tidak wajib dilakukan.

Maka dari itu, bacaan niat puasa harus benar khususnya puasa syawal yang dilaksanakan dengan waktu yang tepat.

Puasa syawal dilaksanakan setelah perayaan hari raya Idul Fitri, oleh karena itu puasa Syawal juga dianjurkan bagi umat muslim.

Baca Juga: Ini Penjelasan Ustadz Adi Hidayat Mengenai Cara Mengganti Hutang Puasa

Dalam hukum islam, puasa Syawal hukumnya adalah sunnah, yang artinya lebih baik dikerjakan dengan alasan agar mendapatkan pahala. Dan apabila tidak dikerjakan pun tidak apa-apa dan tidak mendatangkan dosa.

Meskipun tergolong dalam puasa sunnah, namun puasa Syawal ini mempunyai keistimewaan dan keutamaan yang tidak kalah dengan ibadah sunnah lainnya.

Maka dari itu, berikut penjelasan apa arti dari puasa Syawal, bagaimana bacaan niat mengawali puasa Syawal, waktu mengerjakannya dan keutamaanya? Berikut penjelasannya.

Puasa Syawal adalah puasa sunnah yang dilaksanakan enam hari sesudah hari raya Idul Fitri. Meskipun ibadah ini tidak wajib dilakukan, akan tetapi banyak keutamaan apabila dikerjakannya.

Baca Juga: Mana yang Harus Didahulukan, Bayar Puasa Qadha atau Puasa Syawal? Ini Penjelasan Ustadz Adi Hidayat

Berikut salah satu hadist yang memerintahkan kepada umat islam untuk melaksanakan puasa Syawal. Berikut isi hadist tersebut:

Halaman:

Editor: Nurul Hidayah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X