Ini 4 Amalan yang Bisa Anda Lakukan di Bulan Syawal, Salah Satunya Menikah

- Senin, 9 Mei 2022 | 14:37 WIB
Amalan yang bisa dilakukan di bulan Syawal. (pixabay/ahagiel)
Amalan yang bisa dilakukan di bulan Syawal. (pixabay/ahagiel)

AYOSURABAYA.COM-- Bulan Ramadhan telah usai, kini saatnya memasuki bulan Syawal yang tentunya terdapat sejumlah amalan yang dapat dilakukan di bulan ini.

Amalan-amalan ini sudah tertuang dalam Al-Quran dan hadits Rasulullah SAW, sekaligus menjadi dalil terhadap anjuran amalan-amalan tersebut.

Melakukan amalan di bulan Syawal ini diharapkan dapat melanjutkan semangat sekaligus menjaga amalan yang sudah dikerjakan selama bulan Ramadhan.

Baca Juga: Ibadah Makin Sempurna dengan 10 Amalan Sunah Ini di Bulan Ramadhan

Hal ini sebagaimana perintah Allah Subhanahu wa ta'ala dalam surat Al Insyirah ayat 7-8.

فَاِذَا فَرَغْتَ فَانْصَبْۙ وَاِلٰى رَبِّكَ فَارْغَبْ

Artinya: "Maka apabila engkau telah selesai (dari sesuatu urusan), tetaplah bekerja keras (untuk urusan yang lain), dan hanya kepada Tuhanmulah engkau berharap." (QS. Al Insyirah ayat 7-8).

Berikut empat amalan yang dianjurkan di bulan Syawal, dikutip dari situs resmi Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Baca Juga: 5 Amalan Nisfu Syaban bagi Umat Muslim, Perbanyak Doa Salah Satunya

1. Silaturahmi

Meski dianjurkan untuk dilakukan kapan saja, namun Idul Fitri menjadi momen yang istimewa untuk memperkuat silaturahmi. Hal ini bisa dilakukan setelah melaksanakan sholat Ied, dengan cara saling mengunjungi kerabat dan keluarga, serta saling mendoakan.

Silaturahmi sangat dianjurkan sebab memiliki keutamaan besar, salah satunya dilapangkan rezeki. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW.

مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ عَلَيْهِ فِي رِزْقِهِ وَأَنْ يُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ، أخرجه البخاري.

Artinya: "Siapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya maka hendaknya ia menyambung silaturrahminya (dengan kerabat)." (HR. Bukhari).

Baca Juga: Ustadz Khalid Basalamah: Amalan Doa Ketika Mengalami Kesulitan Sesuai Tuntunan Rasulullah SAW

2. Puasa Enam Hari

Setelah puasa selama sebulan penuh saat Ramadhan, memasuki Syawal kita dianjurkan untuk melaksanakan puasa sunnah selama enam hari.

Keutamaan puasa sunnah enam hari di bulan Syawal yaitu pahalanya seperti berpuasa setahun penuh. Rasulullah SAW bersabda.

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ

Artinya: "Siapa saja yang berpuasa Ramadan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia seperti berpuasa seperti setahun penuh." (HR. Muslim).

Baca Juga: Doa dan Amalan Agar Cepat Hamil Menurut Islam, Dipraktikkan Nabi Zakaria As

3. Tetap Menjaga Sholat Wajib dan Sunah

Tidak dipungkiri, selama Ramadhan hampir semua ibadah mengalami peningkatan, salah satunya sholat. Jika biasanya hanya yang fardhu lima waktu saja, namun ketika Ramadhan, sholat sunnah pun banyak dikerjakan.

Maka amalan sholat yang rutin dikerjakan tersebut sebaiknya terus dijaga meski telah keluar dari Ramadhan. Hal ini sejalan dengan firman Allah dalam Al Quran surat Al Baqarah ayat 238.

حَافِظُوا عَلَى الصَّلَوَاتِ…

Artinya: "Hendaklah kalian senantiasa menjaga salat-salat (yang telah diperintahkan)…" (QS. Al Baqarah ayat 238).

Baca Juga: Bacaan Doa Sebelum Tidur Beserta Amalan Penyertanya, Dijamin Tidur Nyenyak

4. Menikah

Anjuran menikah di bulan Syawal ini sebagai riwayat dari istri Rasulullah, Aisyah r.a.

تَزَوَّجَنِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي شَوَّالٍ وَبَنَى بِي فِي شَوَّالٍ فَأَيُّ نِسَاءِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ أَحْظَى عِنْدَهُ مِنِّي

Artinya: "Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam menikahiku pada bulan Syawwal dan berkumpul denganku pada bulan Syawwal, maka siapa di antara istri-istri beliau yang lebih beruntung dariku?" (HR Muslim).

Mengenai hadits di atas, Imam An Nawawi menjelaskan bahwa dalam hadits tersebut mengandung anjuran untuk menikahkan, menikah dan membangun rumah tangga pada bulan Syawal.

Demikianlah beberapa amalan yang dianjurkan untuk dilakukan di bulan Syawal berdasarkan tuntunan Al Quran dan hadits. ***

Editor: Nurul Hidayah

Sumber: mui.or.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Siapa Sosok Suami Maudy Ayunda? Ini Bocorannya

Senin, 23 Mei 2022 | 10:20 WIB
X