9 Tips Cegah Penuaan Dini, Jangan Sepelekan!

- Sabtu, 21 Mei 2022 | 14:00 WIB
Ilustrasi tips cegah penuaan dini. (pixabay/ivanovgood)
Ilustrasi tips cegah penuaan dini. (pixabay/ivanovgood)
AYOSURABAYA.COM-- Anda tentu menginginkan mempunyai wajah yang bersinar, bebas kerutan, dan awet muda. 
 
Untuk mendapatkannya, ada hal yang harus Anda perhatikan agar tampilan kulit tetap terjaga.
 
Bukan hal yang tidak mungkin, faktor usia mempengaruhi kondisi kulit dari tahun ke tahun namun tak perlu khawatir karena Anda dapat mempunyai kulit yang sehat dan bugar asal dapat mempraktikkan tips di bawah ini:
 
 
 
1. Berhenti Merokok
 
Merokok merupakan salah satu hal kebiasaan negatif yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit kesehatan pada tubuh. Dengan merokok, dapat menyebabkan percepatan proses pemecahan kolagen yang menyebabkan pembuluh darah menyempit sehingga oksigen yang disalurkan akan berkurang yang membuat perokok rentan mengalami keriput lebih awal.
 
2. Gunakanlah Sunscreen Tiap Hari
 
Cara simpel untuk mengatasi penuaan dini pada wajah, yaitu menggunakan sunscreen setiap hari. Hal tersebut dipercaya karena produk tersebut dapat melindungi kulit terhadap sinar UVA dan UVB matahari. Untuk informasi, diketahui bahwa sinar UVA jika terpapar dengan waktu yang cukup lama tanpa perlindung dapat menyebabkan penuaan pada kulit.
 
 
3. Terapkan Pola Makan dengan Gizi Seimbang
 
Di zaman sekarang, terdapat berbagai jenis makanan sehingga makanan buah dan sayuran terkadang seringkali terlupakan. Dengan ini, maka perlu mengonsumsi makanan buah dan sayur setiap harinya agar dapat mencegah kerusakan kulit yang dapat menyebabkan penuaan dini. Karena, dengan terpenuhinya asupan nutrisi seimbang dapat meningkatkan pembentukan sel kulit yang sehat pada tubuh.
 
4. Kelola Berat Badan Anda
 
Dengan mengelola berat badan Anda, hal ini adalah sebagai bentuk upaya mencegah penuaan dini pada kulit. Sebab dengan memiliki berat badan yang kurang ideal dapat mempercepat proses penuaan pada tubuh.
 
 
5. Batasi dalam Mengonsumsi Alkohol
 
Dengan mengonsumsi alkohol dapat membuat kulit dehidrasi yang menyebabkan melebarnya pembuluh darah bila melakukan dalam jumlah berlebihan.
Karena, alkohol dapat memaksa ginjal bekerja lebih keras yang membuat organ dalam tubuh kering. Mengalami dehidrasi, kulit akan lebih cenderung lebih mudah berkerut.
 
6. Banyaknya Begadang atau Kurang Tidur
 
Pola hidup dengan kurangnya jam tidur tidak hanya berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, namun dapat juga mengakibatkan penuaan dini dimana hal tersebut membuat kulit dapat lebih cepat mengkerut.
 
 
7. Minum Air Putih yang Cukup
 
Meminum air putih yang cukup, dapat menjadi solusi efektif agar kulit sehat dan lembap serta tampak lebih awet muda.
 
8. Jangan Terlalu Banyak Pikiran
 
Salah satu penyebab penuaan dini dapat terjadi akibat pengaruh stres yang berkepanjangan.
Hal tersebut dapat ditandai dari lingkaran mata yang menghitam, kerutan dan kulit kusam.
 
9. Gunakan Pelembab
 
Cara yang terakhir, yaitu menggunakan pelembab yang dipercaya dapat menghidrasi kulit dari luar. Pelembab dapat membantu menutrisi kulit yang akan mencegah berbagai macam penuaan.
 
Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar kulit wajah tetap bersinar, jauh dari kerutan dan awet muda. ***

Editor: Nurul Hidayah

Sumber: Berbagai sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X