Kemenkes Ungkap Ada Kemungkinan Virus Korona Berkaitan dengan Hepatitis Akut Misterius

- Senin, 23 Mei 2022 | 18:15 WIB
Ilustrasi virus hepatitis akut. (pixabay/ jrvalverde)
Ilustrasi virus hepatitis akut. (pixabay/ jrvalverde)

JAKARTA,AYOSURABAYA.COM– Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkapkan kemungkinan ada korelasi antara SARS-CoV-2 atau virus Korona dengan penyakit hepatitis akut misterius yang saat ini dinyatakan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLb) oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Hal tersebut dipaparkan Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes), Dante Saksono Harbuwono dalam rapat dengar pendapat di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin 23 Mei 2022.

“Ada lima hipotesis kenapa kasus hepatitis akut misterius menyerang anak-anak dibawah 16 tahun sebagaimana hasil penelitian ahli kesehatan di dunia,” ujarnya sebagaimana dilansir dari Republika.co.id.

Baca Juga: Persija Jakarta Berburu Gelandang Pengganti Rohit Chand

Adapun hipotesis pertama adalah infeksi Adenovirus. Dimana virus ini ditemukan pada sekitar 70 persen pasien anak yang diduga terserang hepatitis. 

“Para ahli masih meneliti lebih lanjut bagaimana Adenovirus yang biasanya menyerang saluran napas pasien dan menyebabkan batuk hingga influenza menginfeksi anak-anak berusia di bawah 16 tahun,” paparnya.

Kemudian hipotesis kedua, Dante mengatakan penyakit hepatitis akut misterius disebabkan oleh sindrom SARS-CoV-2 setelah infeksi yang tidak diketahui. 

Baca Juga: Kurang Hati-hati, Pengendara Tewas Tersambar Kereta Api Tanpa Palang Pintu di Kediri

Sedangkan Hipotesis yang ketiga, menurut dia, menyebut pengaruh obat, racun, atau paparan lingkungan sebagai penyebab penyakit hepatitis akut.

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Sumber: Republika

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X