Bea Cukai Jateng DIY Bongkar Pengiriman Rokok dan Minuman Keras Ilegal dengan Modus Baru

- Selasa, 24 Mei 2022 | 16:30 WIB
Bea Cukai Jateng DIY Bongkar Pengiriman Rokok dan Minuman Keras Ilegal dengan Modus Baru. (Ayosurabaya/Budi Cahyono)
Bea Cukai Jateng DIY Bongkar Pengiriman Rokok dan Minuman Keras Ilegal dengan Modus Baru. (Ayosurabaya/Budi Cahyono)

KARANGANYAR, AYOSURABAYA.COM – Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Jawa Tengah (Jateng) DIY berhasil membongkar pengiriman rokok dan minuman keras (miras) ilegal dengan modus baru.

Dari pengungkapan ini, Bea Cukai Jateng DIY berhasil mengamankan barang-barang ilegal senilai Rp2,81 miliar selama Januari hingga Mei 2022. 

Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng DIY Muhamad Purwantoro mengatakan, barang-barang ilegal yang berhasil diamankan tersebut berupa dari 2,4 juta batang rokok ilegal senilai Rp2,72 miliar dan 475,22 liter minuman mengandung etil alkohol (MMEA) ilegal senilai Rp84,9 juta.

Baca Juga: Polisi Ungkap Kasus Penyalahgunaan BBM Subsidi di Pati, Kabareskrim: Kasus Terbesar Sepanjang 2022

“Dari hasil penindakan yang dilakukan selama 1 Januari hingga 22 Mei 2022 Kanwil Bea Cukai Jateng-DIY menyelamatkan potensi kerugian negara sebesar Rp1,86 miliar,” ujarnya kepada awak media saat ekspose Barang Hasil Penindakan dan Kick-Off Operasi Gempur Rokok Ilegal Tahun 2022 di lingkungan Kanwil Bea Cukai Jateng DIY di Kantor Bea Cukai, Selasa 24 Mei 2022.

Masih banyaknya barang-barang BKC ilegal yang beredar dikatakan Purwantoro sebagai alarm bahwa peningkatan produksi dan peredaran BKC ilegal perlu perhatian serius melalui sinergi segenap aparat penegak hukum terkait.

Pasalnya, jika produksi BKC ilegal tidak ditangani dengan serius maka selain mengancam penerimaan negara juga mendistorsi kebijakan pemerintah dalam pengendalian konsumsi BKC. 

Baca Juga: Pesisir Pantura Jawa Timur Diterjang Banjir Rob, Mulai dari Surabaya hingga Tuban

“Karena itu, kami bersinergi bersama Aparat Penegak Hukum seperti TNI, Polri, Kejaksaan, Pemerintah Daerah, Satpol PP dan instansi terkait lainnya dalam penindakan peredaran BKC ilegal. Dan kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam menindak BKC ilegal,” ucapnya.

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X