Suhu Udara di Arab Saudi Bisa Sampai 50 Derajat Celcius, Menag Minta Jamaah Haji Siapkan Diri

- Selasa, 24 Mei 2022 | 19:20 WIB
Ilustrasi ibadah haji (Adli Wahid on Unsplash)
Ilustrasi ibadah haji (Adli Wahid on Unsplash)

JAKARTA,AYOSOLO.ID– Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas meminta jamaah haji betul-betul menyiapkan diri dengan baik, khususnya untuk kondisi kesehatan. Pasalnya, Arab Saudi saat ini tengah musim panas, sehingga suhu udara sedang tinggi-tingginya.

“Kemarin saya ke Arab Saudi suhu udaranya kurang lebih 40 - 44 derajat celcius. Menurut informasi yang saya terima di Saudi, itu belum di masa puncak. Nanti di saat pelaksanaan ibadah hingga puncak haji diperkirakan bisa mencapai 50 derajat celcius," ujarnya.

Karena itu, pihaknya berharap mulai dari saat ini jemaah haji bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi kondisi tersebut. Salah satunya dengan memperhatikan asupan gizi dan kondisi kesehatan jelang keberangkatan.

Baca Juga: Gary Iskak Ditangkap Kasus Sabu-sabu, Richa Novisha: Jangan Menghakimi Sebelum Tahu Kebenarannya

"Kesehatannya dipersiapkan, biasakan diri untuk beradaptasi dengan situasi yang ekstrim, suhu udara yang ekstrim," ujar Gus Men, sapaan akrabnya. 

Ia juga berharap semua jemaah haji Indonesia memiliki kesiapan fisik yang prima untuk melaksanakan ibadah haji. Karena itu, diharapkan melakukan persiapan fisik serta memperdalam manasik haji selama masa tunggu sebelum masuk embarkasi dan pemberangkatan ke Tanah Suci.

"Setidaknya untuk melaksanakan semua proses ibadah dari awal sampai akhir. Itu pesan saya. Persiapkan fisik sebaik-baiknya dan mental tentu saja," pesan Gus Men.  

Baca Juga: 9 Aplikasi Pelacak Nomor Telepon Ini Bisa Cegah Penipuan, Wajib Install!

“Persiapan ini penting untuk dilakukan. Jangan meremehkan situasi apa pun. Jaga kesehatan, banyak minum saat di sana agar tidak dehidrasi," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Sumber: Kemenag

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X