Banjir Rob di Semarang, Ini Beberapa Faktor Pemicunya!

- Rabu, 25 Mei 2022 | 17:30 WIB
Ilustrasi banjir rob di Semarang. (pixabay/kie-ker)
Ilustrasi banjir rob di Semarang. (pixabay/kie-ker)

AYOSURABAYA.COM-- Banjir rob kerap kali menggenangi wilayah yang dekat dengan pesisir laut dan sekitarnya, tak terkecuali wilayah Semarang yang menjadi langganan banjir rob tiap tahunnya.

Banjir rob sendiri merupakan peristiwa naiknya air laut sehingga wilayah sekitarnya ikut tergenang dan menyebabkan permasalahan lingkungan.

Berikut ini merupakan beberapa faktor yang menyebabkan banjir rob terjadi yang dilansir dari Suara.com dari rangkuman prosiding seminar nasional kebumian ke 12, Fakultas Teknik, UGM:

 

1. Pemanasan Global

Merupakan kondisi meningkatnya temperatur atmosfir bumi yang bisa memberikan dampak di semua lini kehidupan. Pemanan global ini, menyebabkan terjadinya pencairan volume es di kutub, sehingga terjadi kenaikan muka air laut. 

Seperti diketahui, jumlah populasi  manusia kian hari kian bertambah. Sehingga hal tersebut bisa memicu kenaikan konsentrasi karbondioksida di atmosfir. Kenaikan karbondioksida tersebut menyebabkan terjadinya kenaikan temperature di permukaan bumi, sehingga temperatur yang tinggi menyebabkan terjadinya pelelehan volume es di kutub.

Baca Juga: Jelang Pernikahan Idayati dan Anwar Usman, Saksi Pihak Perempuan Diganti Wapres Ma’ruf Amin

2. Penurunan muka tanah

Merupakan persitiwa alam yang terjadi secara perlahan–lahan yang dapat disebabkan karena pembebanan. Di Semarang, penurunan muka tanah ini disebabkan karena adanya batuan vulkanik dari Gunungapi Ungaran yang memiliki masa jenis lebih berat yang menumpang di lapisan batuan sedimen. Selain itu, bisa juga disebabkan karena adanya eksploitasi air tanah yang berlebihan.

Halaman:

Editor: Nurul Hidayah

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X