Pemakaman Buya Syafii Maarif Dihadiri Ratusan Orang, Dimakamkan di TPU Husnul Khotimah Sesuai Wasiat

- Jumat, 27 Mei 2022 | 18:37 WIB
Almarhum Buya Syafii Maarif (twitter.com/dikdasmenppmuh)
Almarhum Buya Syafii Maarif (twitter.com/dikdasmenppmuh)

KULONPROGO,AYOSURABAYA.COM– Ratusan pelayat mengantarkan cendekiawan muslim, Ahmad Syafii Maarif atau Buya Syafii ke tempat peristirahatan terakhir di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Husnul Khotimah, Donomulyo, Nanggulan, Kulon Progo, Jumat 27 Mei 2022 sore. 

Melansir SuaraJogja.id, jenazah Buya Syafii tiba di TPU sekitar pukul 16.15 WIB. Peti jenazah diangkat oleh sejumlah satuan Kokam hingga ke liang lahat. Jenazah pun diturunkan ke liang lahat dan prosesi pemakaman berlangsung sekitar 15 menit hingga liang lahat selesai ditutup dengan tanah. 

Selanjutnya satu orang ustadz membacakan doa yang diikuti ratusan pelayat yang sejak pukul 15.00 WIB sudah hadir di TPU setempat. Pihak keluarga juga hadir untuk menaburkan bunga di akhir proses pemakaman. Selanjutnya silih berganti pelayat mendekat ke makam termasuk Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy untuk memberikan doa.

Baca Juga: Anak Sulung Ridwan Kamil Hilang di Swiss, Mabes Polri Lakukan Langkah Ini

Dimakamkannya mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah di TPU Husnul Khotimah tersebut dipaparkan Wakil Ketua Pelayanan Rukti Jenazah PKU Muhammadiyah Gamping, Umar Said Prawoto sesuai dengan wasiat almarhum yang memang menginginkan dimakamkan di sana. 

“Iya ini sudah disiapkan (malam) dari awal dan memang Buya sendiri meminta atas permintaan pribadi," ujarnya.

Sebelumnya, lanjut Prawoto, almarhum Buya Syafii akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), namun rencana tersebut diurungkan karena ada wasiat dari Buya Syafii.

Baca Juga: 22 Pemain Perkuat Timnas U-19 di Turnamen Toulun Cup, Ini Daftarnya

Prawoto mengatakan di TPU tersebut baru ada 26 makam di sisi timur, dan Buya Syafii yang dimakamkan di sisi barat TPU Husnul Khotimah menjadi yang ke-27. S

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Sumber: SuaraJogja.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X