Ditemukan Subvarian Omicron, Pemerintah Siapkan Pemberian Dosis Keempat Vaksin Covid-19

- Jumat, 10 Juni 2022 | 23:48 WIB
ilustrasi vaksin covid-19 (pixabay/KitzD66)
ilustrasi vaksin covid-19 (pixabay/KitzD66)

JAKARTA,AYOSURABAYA.COM– Meski saat ini capaian vaksinasi dosis ketiga atau booster di Tanah Air masih rendah, namun Pemerintah telah menyiapkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dosis keempat. Menyusul adanya temuan kasus Covid-19 subvarian Omicron di Indonesia. 

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, langkah tersebut diambil sebagai respons atas pendapat para ahli sekaligus mengantisipasi masuknya varian baru Corona ke Indonesia.

“Saat ini, pemerintah tengah dalam proses pembahasan terkait pemberian dosis keempat untuk vaksinasi Covid-19. Nanti akan kami rapatkan Senin (13/6/2022) mendatang. Baru segitu progresnya," ungkap Budi di Jakarta sebagaimana dilansir dari Republika.co.id.

Baca Juga: Wujudkan Ramah Lingkungan, Solusi Bahan Kemasan untuk Bekelanjutan

Hal senada juga diutarakan Juru Bicara Kemenkes dr. Mohammad Syahril. Ia memaparkan sejumlah ahli epidemiologi sudah memberikan saran terkait hal itu.

"Untuk vaksinasi keempat ada kami diskusikan, ada usulan epidemiolog agar vaksin dosis penuh itu hingga tiga kali. Ini masih pertimbangan kalau ini disetujui maka booster-nya yang keempat," ujar Syahril.

Di sisi lain, saat ini Kemenkes akan fokus dalam pemberian vaksinasi dosis pertama dan kedua. Sebab, hingga kini, untuk cakupan vaksinasi usia di bawah 12 tahun masih di angka 62 persen.

Baca Juga: Deretan Harga iPhone Terbaru 2022 iBox, Cek Segera!

"Kami mengejar vaksinasi lengkap dari 62 persen, kita punya pengalaman cukup dan punya strategi berharap bisa lampaui 70 persen, begitu juga dengan booster, tentu saja strategi dosis penuh dulu agar booster melampaui apa yang kita harapkan," ujar Syahril.

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Sumber: Republika.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harga Emas Antam Jumat 12 Agustus 2022 Turun Rp5.000

Jumat, 12 Agustus 2022 | 09:56 WIB
X