Pelaksanaan Idul Adha di Kota Malang, Panitia Wajib Lapor Jika Sembelih Hewan Kurban di Luar RPH

- Rabu, 22 Juni 2022 | 16:24 WIB
Ilustrasi sapi  (pixabay/NickyPe)
Ilustrasi sapi (pixabay/NickyPe)

MALANG,AYOSURABAYA.COM– Pemerintah Kota (Pemkot) Malang memperbolehkan panitia kurban untuk menyembelih hewan kurban di luar Rumah Potong Hewan (RPH), namun ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi sebagaimana yang dipaparkan dalam Surat Edaran (SE) Nomor 32 Tahun 2022 tentang kegiatan pelaksanaan Idul Adha dan qurban selama wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Melansir Republika.co.id, dalam SE tersebut Wali Kota Malang Sutiaji memaparkan, masyarakat didorong untuk menggunakan Rumah Potong Hewan Ruminansia (RPH-R) dalam menyembelih hewan kurban. Cara ini dirasa lebih aman mengingat saat ini tengah terjadi wabah PMK

Namun, bagi masyarakat yang ingin tetap menyembelih hewan di luar RPH-R diperbolehkan asal memenuhi sejumlah ketentuan sebagaimana yang sudah ditentukan Menteri Pertanian dalam Keputusan Nomor 03/SE/PK.300/M/5/2022. Dimana panitia yang melaksanakan pemotongan hewan kurban di luar RPH-R wajib melaporkan hal tersebut melalui tautan http://bit.ly/HewanKurban22 kepada dinas terkait sebelum pemotongan hewan kurban dilakukan.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Cancer, Sagitarius dan Pisces untuk Rabu 22 Juni 2022: Hari yang Baik

Berikutnya, hewan qurban harus memenuhi persyaratan Islam, administrasi dan teknis.  Persyaratan syariat islam berarti hewan kurban harus sehat, tidak cacat, tidak kurus, berjenis kelamin jantan, dan cukup umur. 

Kemudian untuk persyaratan administrasi berarti hewan kurban harus memiliki Sertifikat Veteriner (SV) atau Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKKH). 

“Hewan kurban dinyatakan sehat berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan hewan. Yang dilakukan dokter hewan atau paramedik veteriner di bawah pengawasan dokter hewan berwenang,” ujar wali kota.

Hewan sehat yang dimaksud antara lain tidak menunjukkan gejala klinis PMK. Beberapa di antaranya seperti lesu, lepuh pada mulut dan hidung serta kuku. Kemudian hewan dipastikan tidak mengeluarkan air liur berlebihan.

Baca Juga: 2 Link Live Streaming RANS Nusantara vs Persija Jakarta Malam Ini 20.30 WIB Piala Presiden 2022

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Sumber: Republika.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X