Masih Berpotensi Terjadi Longsor Susulan, Warga Lereng Gunung Wilis Diminta Waspada

- Sabtu, 25 Juni 2022 | 19:26 WIB
Warga bersama BPBD, relawan, TNI dan Polri bekerja bakti membersihkan rumah warga di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri yang tertimpa longsor. (beritajatim)
Warga bersama BPBD, relawan, TNI dan Polri bekerja bakti membersihkan rumah warga di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri yang tertimpa longsor. (beritajatim)

KEDIRI,AYOSURABAYA.COM– Warga yang tinggal di kawasan lereng Gunung Wilis diminta untuk tetap waspada mengingat masih ada potensi terjadi longsor susulan pasca tanah longsor yang terjadi Kamis 23 Juni 2022 lalu. 

“Saat ini kita ketahui curah hujan masih tinggi, saya meminta warga yang berada di daerah rawan bencana untuk lebih meningkatkan kewaspadaan,” ujar Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana sebagaimana dikutip dari Suarajatim.id

Terkait bencana tanah longsor tersebut Hanindhito mengatakan pihaknya sudah meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk terjun ke lokasi yang terdampak. Khususnya di rumah milik warga di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri yang tertimpa longsor. 

Baca Juga: Kualitas Udara di Kota Surabaya Lima Tahun Terakhir Masuk Klasifikasi Baik

“Pemerintah Kabupaten Kediri prihatin atas musibah ini, begitu mendapat informasi itu, saya juga telah meminta dinas terkait (BPBD) terjun ke lokasi. Kepada warga kami sekali lagi meminta tetap tingkatkan kewaspadaan,” ungkap Mas Dhito.

Terpisah, Kepala BPBD Kabupaten Kediri Randy Agatha Sakaira menjelaskan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tanah longsor tersebut meski satu rumah warga tertimpa longsoran hingga rusak parah. Pasalnya penghuni rumah telah terlebih dulu meninggalkan rumah sebelum tanah longsor.

Terkait dampak longsor yang terjadi, pemilik rumah mengungsi di rumah kerabat yang berada tak jauh dari tempat tinggalnya. Kerja bakti pembersihan material longsor dilakukan dengan bekerjasama unsur pemerintah daerah, relawan, warga, maupun TNI/Polri.

“Kita kemarin ke lokasi juga menyalurkan bantuan dari Mas Bupati baik itu selimut, tikar maupun peralatan dapur lengkap,” ucapnya.

Sementara itu, selain memberikan bantuan kepada warga yang terdampak bencana tanah longsor, pihaknya juga melakukan sejumlah upaya pencegahan.

Halaman:

Editor: Wijayanti Putrisejati

Sumber: Suarajatim.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mau Daftar ASN PNS atau PPPK? Kenali Perbedaan Keduanya

Kamis, 15 September 2022 | 07:42 WIB
X