Cerita Asal Usul Suku Tengger yang Bermukim di Gunung Bromo, Jawa Timur

- Senin, 27 Juni 2022 | 15:21 WIB
ilustrasi cerita asal-usul Suku Tengger yang bermukim di Gunung Bromo, Jawa Timur (Unsplash.com - Aditya Wahyu R)
ilustrasi cerita asal-usul Suku Tengger yang bermukim di Gunung Bromo, Jawa Timur (Unsplash.com - Aditya Wahyu R)

AYOSURABAYA.COM - Sejarah asal-usul Suku Tengger yang bermukim di gunung Bromo merupakan bukti, bahwa Indonesia selalu mempunyai cerita yang diwariskan dari generasi ke generasi.

Cerita tentang asal-usul Suku Tengger, dimulai kurang lebih pada tahun 1.115 M atau 1.037 dalam perhitungan kalender Caka, di masa pemerintahan Kerajaan Kediri yang dikuasai oleh Raja Erlangga.

Di masa itu, hiduplah seorang resi yang bernama Resi Musti Kundawa, seorang resi yang mempunyai kesaktian tinggi karena mempunyai sebuah pusaka bernama Kiai Gliyeng. Setelah diangkat menjadi senopati, Musti Kundawa berganti nama menjadi Resi Kandang Dewa.

Baca Juga: Wow! Jembatan Kaca Dibangun untuk Menarik Wisatawan di Gunung Bromo

Resi Kandang dewa mempunyai empat orang anak yaitu Joko Lanang, Dewi Amisani, Joko Seger, dan Dani Saka. Dari keempat putranya, Joko Seger mewarisi ilmu dan pusaka Kiai Gliyeng dari sang ayah sehingga menjadi pendekar pilih tanding.

Pada masa Kerajaan Kediri terdapat sebuah kadipaten yaitu Kadipaten Wengker (daerah Ponorogo) yang dipimpin oleh Adipati Surogoto.

Adipati Surogoto mempunyai seorang putri cantik yang bernama Dewi Ratna Wulan. Sayang , Dewi Ratna menderita penyakit yang tidak kunjung sembuh dari kecil hingga dewasa.

Baca Juga: Jadwal dan Klasemen Piala Presiden 2022 Senin 27 Juni 2022

Berbagai upaya dilakukan oleh ayahanda, namun tidak ada seorang pun yang bisa menyembuhkan putrinya.

Halaman:

Editor: Setyo Adi Nugroho

Sumber: Pemkab Kota Pasuruan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X