Inflasi di Indonesia kian Meningkat, Pakar Ekonom: Ada Potensi Kenaikan Harga Pangan Global dan Krisis Pangan

- Jumat, 1 Juli 2022 | 17:22 WIB
ilustrasi Inflasi di Indonesia kian Meningkat, Pakar Ekonom: Ada Potensi Kenaikan Harga Pangan Global dan Krisis Pangan. (Unsplash.com - Inigo De la Maza)
ilustrasi Inflasi di Indonesia kian Meningkat, Pakar Ekonom: Ada Potensi Kenaikan Harga Pangan Global dan Krisis Pangan. (Unsplash.com - Inigo De la Maza)

AYOSURABAYA.COM - Pergerakan inflasi tahunan di Indonesia pada Juni 2022 lalu telah mencapai 4,35 persen atau lebih dari 2 plus minus 1 persen, asumsi pemerintah.

Pakar Ekonom berpendapat, langkah-langkah mitigasi utama perlu disiapkan pemerintah Indonesia, utamanya di sektor pangan, agar kenaikan harga bisa dikendalikan akibat inflasi tahunan tersebut.

"Di sisa waktu hingga akhir tahun ini ada potensi kenaikan harga pangan global dan potensi krisis pangan," kata seorang Ekonom Core Indonesia, Yusuf Rendy Manilet, seperti dilansir AyoSurabaya.com dari laman Republika.co.id pada Jumat, 1 Juni 2022.

Baca Juga: Militer Rusia Gunakan Rudal Era Soviet untuk Menggempur Ukraina

Lebih lanjut, Yusuf menjelaskan, jika tidak dilakukan dengan segera upaya mitigasi di sektor pangan, nantinya akan berdampak pada kenaikan laju inflasi tahunan.

"Kalau ini tidak dimitigasi sedari dini, khawatir akan berdampak pada kenaikan inflasi sepanjang tahun," imbuhnya.

Ia menilai, langkah subsidi yang sudah diberikan pemerintah untuk menekan kenaikan harga sudah tepat. Seperti pada komoditas kedelai di mana perajin mendapatkan subsidi harga Rp 1.000 per kg.

Baca Juga: Nonton Madu Murni Full Movie Plus Sinopsis dan Daftar pemain, Bukan di LK21 atau IndoXXI

Namun, yang jauh lebih penting adalah pemetaan kemampuan produksi pangan yang bisa diproduksi dalam negeri hingga akhir tahun ini.

Halaman:

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harga Emas Antam Jumat 12 Agustus 2022 Turun Rp5.000

Jumat, 12 Agustus 2022 | 09:56 WIB
X