Amerika Serikat Kirim Bantuan Militer Ke Ukraina dalam Bentuk Sistem Rudal Canggih Udara untuk Melawan Rusia

- Sabtu, 2 Juli 2022 | 20:01 WIB
ilustrasi Amerika Serikat Kirim Bantuan Militer Ke Ukraina untuk Sistem Rudal Canggih Permukaan Ke Udara Melawan Rusia. (pixabay.com)
ilustrasi Amerika Serikat Kirim Bantuan Militer Ke Ukraina untuk Sistem Rudal Canggih Permukaan Ke Udara Melawan Rusia. (pixabay.com)

AYOSURABAYA.COM - Amerika Serikat mengumumkan akan memberikan bantuan militer kepada Ukraina dalam bentuk sistem pertahanan rudal canggih dalam memerangi invasi Rusia.

Bantuan militer yang diberikan Amerika Serikat kepada Ukraina ditaksir senilai $820 juta, sudah termasuk radar kontra artileri, untuk menanggapi ketergantungan berat Rusia pada serangan jarak jauh di medan pertempuran.

Jika menelisik bantuan Amerika Serikat kepada Ukraina tersebut antara lain, sistem rudal permuakaan ke udara NASAMS, 4 radar kontra-artileri, dan 150.000 butir amunisi serta artileri ukuran 155mm untuk menghalau invasi Rusia.

Baca Juga: Militer Rusia Gunakan Rudal Era Soviet untuk Menggempur Ukraina

Sementara itu, Pentagon pada hari Jumat pekan ini mengatakan, bahwa material tambahan akan datang sebagai bagian dari paket bantuan terbaru dari Amerika Serikat kepada Ukraina, yang diumumkan oleh Presiden Amerika Serikat Joe Biden.

Paket yang diumumkan pada hari Kamis, dilaporkan akan mencakup lebih banyak amunisi untuk Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS).

Amerika Serikat berharap, bantuan terbarunya akan meningkatkan perlawanan Ukraina, ketika Rusia berusaha melakukan serangan rudal jarak jauh, yang telah mengguncang kota-kota Ukraina dan serangkaian keberhasilan Rusia di wilayah timur Ukraina.

Baca Juga: Ini Kekhawatiran NATO Tentang Kerja Sama Militer China dan Rusia di Pantai Pasifik!

Sementara itu, Rusia telah menjadikan provinsi Ukraina timur Donetsk dan Luhansk sebagai fokus serangannya dan mereka berharap untuk memukul Kyiv untuk dapat segera menyerah.

Halaman:

Editor: Setyo Adi Nugroho

Sumber: aljazeera.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X