Jelang Hari Raya Idul Adha di Indonesia akan Berbeda dengan Arab Saudi, Ini Kata Prof Thomas Djamaluddin

- Minggu, 3 Juli 2022 | 18:02 WIB
Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) - Thomas Djamaluddin. (Foto: Republika/Putra M. Akbar)
Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) - Thomas Djamaluddin. (Foto: Republika/Putra M. Akbar)

AYOSURABAYA.COM - Memasuki detik-detik menjelang perayaan hari Idul Adha di Indonesia akan berbeda satu hari dengan yang dilakukan oleh pemerintahan Arab Saudi.

Peneliti Astronomi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional-Badan Riset dan Inovasi Nasional (Lapan-BRIN), Prof Thomas Djamaluddin menyampaikan pandangannya terkait perbedaan Hari Idul Adha 1443 H antara Indonesia dan Arab Saudi.

Thomas menjelaskan, perbedaan penetapan Hari Idul Adha antarkawasan tersebut disebabkan oleh perbedaan dasar rujukan. Kerajaan Saudi mendasarkan murni pada rukyat. Sedangkan pemerintah Indonesia mendasarkan pada rukyat dan hisab.

Baca Juga: Cara Login dan Daftar Kartu Prakerja Gelombang 35 agar Memiliki Peluang Mengikuti Pelatihan Prakerja

"Ada yang sekadar mengikuti Arab Saudi dan ada yang berdasarkan ketampakan hilal setempat," tuturnya sebagaimana dilansir AyoSurabaya.com dari laman Republika.co.id pada Minggu, 3 Juli 2022.

Faktor lainnya, menurut Thomas, yakni perbedaan ketampakan hilal antarkawasan yang juga bisa terjadi. Sebab, semakin ke barat, hilal semakin tinggi. Sehingga tidak menutup kemungkinan, saat Maghrib di kawasan timur seperti Indonesia belum terlihat, di kawasan barat seperti Arab Saudi hilal sudah terlihat.

"Saat posisi bulan rendah di kawasan timur, maka perbedaan tidak terelakan karena bumi kita bulat. Pada saat posisi bulan terlalu rendah di kawasan timur, perbedaan juga bisa terjadi karena perbedaan kriteria," jelasnya.

Baca Juga: Teks Khutbah Jumat Bikin Merinding Singkat Padat Jelas dengan Tema Alam Permulaan Perjalanan Akhirat

Misalnya, Thomas mengungkapkan, pada Idul Adha 1436 H/2015 M, keputusan itsbat pemerintah Indonesia sama dengan Kerajaan Arab Saudi.

Halaman:

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harga Emas Antam Jumat 12 Agustus 2022 Turun Rp5.000

Jumat, 12 Agustus 2022 | 09:56 WIB
X