Mendekati Hari Raya Idul Adha, Pemkab Bangkalan di Madura Bentuk Tim Khusus Sembelih Hewan yang Halal

- Minggu, 3 Juli 2022 | 18:31 WIB
ilustrasi Mendekati Hari Raya Idul Adha, Pemkab Bangkalan di Madura Bentuk Tim Khusus Sembelih Hewan yang Halal. (pixabay.com)
ilustrasi Mendekati Hari Raya Idul Adha, Pemkab Bangkalan di Madura Bentuk Tim Khusus Sembelih Hewan yang Halal. (pixabay.com)

BANGKALAN, AYOSURABAYA.COM - Mendekati perayaan hari raya Idul Adha, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan di Madura, Jawa Timur membentuk satuan tim juru sembelih halal (Juleha), sebagai langkah memastikan jaminan daging sapi halal yang sehat bagi masyarakat, di tengah mewabahnya penyakit mulut dan kuku (PMK).

Hal itu dijelaskan oleh Abdul Latif Amin Imron selaku Bupati Bangkalan, yang menurutnya sebagian masyarakat saat ini enggan untuk mengonsumsi daging sapi, karena khawatir daging sapi tidak sehat.

"Karena itu, Pemkab Bangkalan membentuk juru sembelih halal untuk memberikan kepastian kepada masyarakat bahwa daging yang dikonsumsi sesuai dengan ketentuan syariat, yakni halal dan sehat," kata Abdul Latif, sebagaimana dilansir AyoSurabaya.com dari laman Republika.co.id pada Minggu, 3 Juli 2022.

Baca Juga: Jelang Hari Raya Idul Adha di Indonesia akan Berbeda dengan Arab Saudi, Ini Kata Prof Thomas Djamaluddin

Saat ini, sambung dia, masyarakat membutuhkan kepastian mengenai jaminan daging yang sehat dan bebas penyakit. Abdul Latif menuturkan, pembentukan juru sembelih halal atau yang disingkat "Juleha" ini bekerja sama dengan Pemprov Jawa Timur.

"Saat ini sudah ada 1.000 orang juru sembelih halal se-Jawa Timur, termasuk di Kabupaten Bangkalan ini," kata Abdul Latif.

Ia menjelaskan, para juru sembelih ini merupakan warga yang mendapatkan pelatihan khusus secara syariat dan secara medis tentang teknik penyembelihan hewan yang halal, sesuai ketentuan syariat Islam.

Baca Juga: Cara Login dan Daftar Kartu Prakerja Gelombang 35 agar Memiliki Peluang Mengikuti Pelatihan Prakerja

Di samping itu, mereka juga dibekali tentang wawasan daging sapi yang sehat.

Halaman:

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X