Apa Itu Distosia Bahu? Viral Kepala Bayi Dipisah di RSUD Jombang

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 10:21 WIB
Apa Itu Distosia Bahu? Viral Kepala Bayi Dipisah di RSUD Jombang. (Pixabay)
Apa Itu Distosia Bahu? Viral Kepala Bayi Dipisah di RSUD Jombang. (Pixabay)

AYOSURABAYA.COMSebuah perisitiwa membuat viral dunia maya, terkait pemisahan kepala bayi di RSUD Jombang, Jawa Timur. Ini terkait distosia bahu, lantas apakah itu?

Diberitakan bahwa peristiwa ini terjadi di RSUD Jombang beberapa waktu lalu, di mana organ tubuh bayi harus dipisahkan lantaran meninggal sebelum utuh keluar dari tubuh sang ibu. 

Mulanya kasus distosia bahu terjadi diduga terjadi akibat pengabaian permintaan operasi caesar dari puskesmas yang memberi rujukan pasien.

Pada proses persalinan tersebut sang ibu yang mengejan hanya bisa mengeluarkan kepala bayi. Berat badan bayi yang cukup besar dan pundaknya yang lebar membuat kemacetan atau distosia bahu pada persalinan.

Baca Juga: Penyebab Kegagalan yang Sering Terjadi pada Program Bayi Tabung, Begini Kata Peneliti

Karena kepala bayi terjepit di pangkal pinggung selama 10 menit, bayi yang dilahirkan di RSUD Jombang itu pun meninggal dunia.

Dokter yang menangani, akhirnya mengambil tindakan pemisahan organ bayi namun dengan SOP dengan mempertimbangkan nyawa ibu bayi bisa selamat.

Lalu apa distosia bahu? Menyadur Himedik.com (jaringan Ayosurabaya.com), itu merupakan cedera lahir yang terjadi ketika salah satu atau kedua bahu bayi tersangkut di dalam panggul ibu selama persalinan.

Menurut Cleveland Clinic, pada kebanyakan kasus bayi bisa terlahir selamat. Namun karena masalah tersebut, bisa timbul pula masalah kesehatan pada ibu atau bayi.

Halaman:

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X