Sejarah Bom Atom yang Meluluhlantakkan Kota Hiroshima pada 6 Agustus 1945 di Jepang

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 19:07 WIB
Salah satu puing bangunan yang tersisa dari bom atom yang meluluhlantakkan Kota Hiroshima di Jepang pada 6 Agustus 1945. (Unsplash.com - Rap Dela Rea)
Salah satu puing bangunan yang tersisa dari bom atom yang meluluhlantakkan Kota Hiroshima di Jepang pada 6 Agustus 1945. (Unsplash.com - Rap Dela Rea)

AYOSURABAYA.COM - Sejarah kelam ini terjadi pada 6 Agustus 1945. Sebuah tragedi kemanusiaan, dimana Amerika Serikat menjatuhkan bom atom di kota Hiroshima Jepang pada 77 tahun silam.

Pada saat itu, negara Amerika Serikat dan Jepang terlibat sebuah konflik dalam Perang Dunia II dengan mengikuti kubu yang berbeda. Dalam peristiwa Perang Dunia ke-II tersebut, terdapat dua kubu, yaitu blok sekutu dan blok sentral.

Blok sekutu terdiri dari Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Uni Soviet, dan China. Sedangkan dalam blok sentral, terdiri dari Jepang, Jerman, dan Italia.

Baca Juga: Sejarah Perumusan Isi Teks Proklamasi dan Pidato Soekarno saat Kemerdekaan Indonesia, Sudah Tahu Belum?

Bom atom yang jatuh di kota Hiroshima Jepang tersebut tidak membuat Jepang menyerah, dan kemudian Amerika Serikat kembali menjatuhkan bom atom di Jepang tepatnya di Kota Nagasaki pada 9 Agustus 1945 yang akhirnya membuat Jepang menyerah kepada pihak sekutu.

Pada 15 Agustus 1945, Kaisar Jepang, Hirohito, mengumumkan penyerahan tanpa syarat negaranya dalam Perang Dunia ke-II.

Sebelum terjadinya Perang Dunia Ke-II yang terjadi pada 1939, sekelompok ilmuwan Amerika Serikat prihatin terhadap penelitian senjata nuklir yang dilakukan oleh Nazi, Jerman. Kemudian, pada 1940, AS mulai mendanai program pengembangan senjata atomnya sendiri setelah masuk ke dalam Perang Dunia Ke-II.

Baca Juga: Sejarah Hari ASI Sedunia Diperingati pada 1 Sampai 7 Agustus, 10 Ucapan Ini Cocok untuk Memeriahkan

Proyek tersebut merupakan proyek rahasia yang diberi nama kode “Proyek Manhattan” dengan dipelopori oleh Korps Insinyur Angkatan Darat Amerika Serikat.

Halaman:

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X