Makin Mendidih! Taiwan Tuduh China Melakukan Simulasi Serangan Militer

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 19:45 WIB
Pesawat angkatan udara China yang terlibat dalam latihan militer di sekitar Taiwan. (Komando Teater Timur PLA via Reuters)
Pesawat angkatan udara China yang terlibat dalam latihan militer di sekitar Taiwan. (Komando Teater Timur PLA via Reuters)

AYOSURABAYA.COM - Taiwan dikabarkan telah menuduh China sedang melakukan simulasi serangan militer, sebagai sebuah jawaban atas kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi sewaktu ke Taipei.

Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) telah mengirim beberapa pesawat dan kapal perang ke Selat Taiwan pada Sabtu ini, kata Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan dalam sebuah laporan.

Kementerian Taiwan mengatakan, pihaknya juga telah menembakkan suar pada Jumat malam lalu, untuk memperingatkan bahwa disinyalir terdapat tujuh pesawat militer tak berawak tengah terbang di atas pulau-pulau Kinmen di lepas pantai timur China dan di pulau-pulau terpencil Matsu.

Baca Juga: Deteksi Asteroid Berbahaya ke Bumi, China Bangun 20 Antena Radar

“Beberapa pesawat PLA terdeteksi di sekitar Selat Taiwan, beberapa telah melewati garis median,” tulis kementerian Pertahanan Nasional Taiwan di Twitter, seperti dilansir AyoSurabaya.com dari laman Al Jazeera pada Sabtu, 6 Agustus 2022.

“Kemungkinan serangan simulasi,” tambahnya.

Sementara itu, media pemerintah China tengah berusaha untuk menutupi simulasi tersebut, sebagai latihan rencana perang sejak dimulainya pada awal pekan ini.

Baca Juga: AS Siapkan Bantuan Senjata Militer ke Ukraina hingga 1 Miliar Dolar Amerika Serikat!

“Hari ini, Saya bersama rekan seperjuangan saya, diperintahkan untuk melakukan misi pencegahan jarak dekat, di mana kita melihat garis pantai dan Pegunungan Tengah dari pulau Taiwan dalam jangkauan visual,” ujar Hou Hong, seorang pilot di sebuah brigade yang tergabung dalam Angkatan Udara Komando Teater Timur PLA.

Halaman:

Editor: Setyo Adi Nugroho

Sumber: Al Jazeera

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X