Puasa Asyura: Keutamaan, Sejarah, dan Peristiwa Penting 10 Muharram

- Minggu, 7 Agustus 2022 | 11:26 WIB
Keutamaan, sejarah, dan peristiwa penting Puasa Asyura pada 10 Muharram 1444 Hijriah atau 8 Agustus 2022  (Ayobandung.com/Herawati Ningsih)
Keutamaan, sejarah, dan peristiwa penting Puasa Asyura pada 10 Muharram 1444 Hijriah atau 8 Agustus 2022 (Ayobandung.com/Herawati Ningsih)

AYOSURABAYA.COM -- Puasa Asyura pada 10 Muharram 1444 Hijriah atau Senin 8 Agustus 2022 nanti merupakan puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan

Artikel ini menyajikan sejarah Puasa Asyura pada 10 Muharram 1444 Hijriah jatuh pada Senin, 8 Agustus 2022. Selain itu, simak pula peristiwa penting yang mengikutinya.

Melansir AyoBandung, jejaring AyoSurabaya, dapatkan pula informasi lainnya terkait keutamaan Puasa Asyura pada 10 Muharram disertai hadits riwayat Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga: Kartu Prakerja Gelombang 40 Dibuka Hari Ini, Cek Syarat Segera!

Mengenai keutamaan Puasa Asyura pada 10 Muharram, Rasulullah SAW pernah bersabda dalam hadis berikut ini: 

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, ia berkata: Rasulullah saw bersabda: Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah, Muharram, dan shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam. (HR. Muslim).

Keutamaan Puasa Asyura

Diantara keutamaan puasa Asyura ialah dapat menghapus dosa setahun yang sudah lewat, sebagaimana hadis berikut ini:

Diriwayatkan dari Abu Qatadah ra: Sungguh Rasulullah SAW bersabda pernah ditanya tentang keutamaan puasa hari Asyura, lalu beliau menjawab: Puasa Asyura melebur dosa setahun yang telah lewat. (HR. Muslim).

Halaman:

Editor: Reny Diana Putri

Sumber: ayobandung.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hati-hati! 3 Makanan Ini Picu Kebutaan

Rabu, 5 Oktober 2022 | 18:30 WIB
X