YLBHI Nilai Pernyataan Luhut Bisa Hidupkan Kembali Dwifungsi TNI

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 13:00 WIB
YLBHI Nilai Pernyataan Luhut Bisa Hidupkan Kembali Dwifungsi TNI. (twitter/luhutbinsarpanjaitan)
YLBHI Nilai Pernyataan Luhut Bisa Hidupkan Kembali Dwifungsi TNI. (twitter/luhutbinsarpanjaitan)

AYOSURABAYA.COMYayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) mengecam pernyataan Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Panjaitan, beberapa waktu lalu. 

Pernyataan Luhut tersebut terkait usulan revisi UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia (UU TNI).

Luhut menilai revisi itu perlu agar TNI aktif dapat menduduki jabatan sipil. Menko Marves berdalih, agar TNI AD bisa lebih efisien. “Tidak perlu banyak bintang-bintang di angkatan darat. Jadi angkatan darat bisa lebih efisien,” kata Luhur

YLBHI menilai pernyataan Luhut tersebut semakin memperjelas bahwa ada upaya serius untuk menghidupkan kembali dwifungsi TNI.

Baca Juga: Foto Terbaru Wajah Lucinta Luna, Mirip Barbie Korea sampai Hidung Lancip Segi Tiga

"Selama ini, telah banyak kebijakan rezim Jokowi yang menunjukkan gejala akan kembalinya rezim otoritarianisme Orde Baru," kata YLBHI, disadur dari Instagramnya @yayasanlbhindonesia.

Beberapa indikasi yang ditudingkan YLBHI tersebut seperti upaya melakukan militerisasi sipil melalui berbagai kebijakan, salah satunya adalah sistem Komando Cadangan bagi Aparat Sipil Negara (ASN) melalui Surat Edaran Menpan RB No. 27/2021 tentang Peran Serta Pegawai ASN Sebagai Komponen Cadangan Dalam Mendukung Upaya Pertahanan Negara.

Di sisi lain, YLBHI menilai, militer juga memiliki ambisi untuk kembali pada kehidupan politik dan demokrasi sebagaimana era Orde Baru.

"Seperti, pengangkatan TNI aktif Kepala BIN Sulawesi Tengah sebagai Penjabat Bupati Seram Bagian Barat, serta pengangkatan Penjabat Gubernur Aceh dari kalangan TNI yang mengakali peraturan perundang-undangan," katanya.

Halaman:

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Sumber: Instagram

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harga Emas Antam Selasa 4 Oktober 2022 Naik Rp10.000

Selasa, 4 Oktober 2022 | 09:43 WIB
X