Pencairan BSU BPJS Ketenagakerjaan 2022 Dibatalkan? Simak Kriteria Penerimanya di SINI

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 06:40 WIB
BSU BLT subsidi gaji via BPJS Ketenagakerjaan 2022 Rp1 juta pasti cair. (pexels)
BSU BLT subsidi gaji via BPJS Ketenagakerjaan 2022 Rp1 juta pasti cair. (pexels)

AYOINDONESIA.COM -- Banyak orang bertanya-tanya tentang BSU BPJS Ketenagakerjaan 2022 kapan cair? Apakah pencairan dibatalkan?

Ketidakjelasan pencairan BSU BPJS Ketenagakerjaan 2022 membuat pekerja terus bertanya kapan dana bantuan yang telah dijanjikan tersebut akan cair?

Kemnaker pernah menyatakan bahwa alasan BSU BPJS Ketenagakerjaan 2022 tak kunjung cair karena sedang melakukan penyusunan regulasi BSU 2022.

Meski demikian para pekerja tetap meragukan hal itu karena hingga beberapa bulan masih belum ada update mengenai regulasi tersebut.

Kriteria Penerima BSU BPJS Ketenagakerjaan 2022

Dilansir dari Ayoindonesia.com, jika berdasarkan kriteria terbaru yang ditetapkan oleh Kemnaker pada akhir tahun 2021 yang lalu, pekerja yang bisa berpeluang menjadi penerima BSU BPJS Ketenagakerjaan adalah:

Baca Juga: Ferdy Sambo Emosi, Putri Candrawathi Merasa Terluka karena Brigadir J di Magelang

1. Warga Negara Indonesia (WNI). Hal ini bisa dibuktikan dengan kepemilikan Nomor Induk Kependudukan (NIK)

2. Masih aktif menjadi peserta dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan di BPJS Ketenagakerjaan

3. Mempunyai gaji paling banyak sebesar Rp3,5 juta per bulan. Bagi pekerja/ buruh yang bekerja di wilayah dengan upah minimum provinsi atau kabupaten/ kota lebih besar dari Rp3,5 juta maka persyaratannya menjadi gajinya maksimal sebesar upah minimum kabupaten/ kota (UMK) dan dibulatkan ke atas hingga ratus ribuan penuh

4. Diutamakan untuk pekerja yang berada di sektor industri barang konsumsi, transportasi, aneka industri, properti dan real estate, perdagangan, serta jasa kecuali pendidikan dan kesehatan. Hal ini disesuaikan dengan klasifikasi data sektoral BPJSTK.

Pernyataan Menaker Ida Fauziyah Soal BSU BPJS Ketenagakerjaan 2022

Bagi yang masih ragu akan cairnya BSU BPJS Ketenagakerjaan ini, ada kabar baik bahwa Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) RI, Ida Fauziyah, sudah mengeluarkan pernyataan terbaru mengenai BSU.

Pernyataan ini dikeluarkan oleh Ida setelah banyak komentar dari pekerja yang membanjiri unggahan Instagram Kemnaker maupun unggahan di akun Instagram resmi Menaker sendiri.

Baca Juga: BACA DI SINI SAJA! Cara Download Lagu MP3 Pakai MP3 Juice, Tutorialnya Enak Dibaca dan Mudah Dipahami

Komentar yang ditinggalkan oleh para pekerja sebagian besar bernada hampir sama yaitu mengenai kelanjutan BSU BPJS Ketenagakerjaan 2022.

Foto Ida yang sedang mewakili pemerintah Indonesia untuk melakukan kolaborasi dengan pemerintah Austria juga tidak luput untuk dijadikan tempat bertanya tentang BSU BPJS Ketenagakerjaan.

Beruntung, pada saat itu Ida bersedia merespon keingin tahuan dari salah seorang pekerja tersebut.

"BSU dulu baru itu, Ibu," tulis akun Instagram @ror*** di kolom komentar.

"Itu pasti, sabar ya.. Kita sedang proses tuntaskan regulasinya," jawab Ida beberapa waktu lalu.

Jawaban dari Menaker tersebut sontak menghembuskan angin segar bagi sebagian pekerja yang sempat menduga bahwa BSU BPJS Ketenagakerjaan 2022 batal cair.

Salah satu regulasi yang sedang dipersiapkan oleh Kemnaker adalah mengenai kriteria pekerja yang bisa menjadi penerima BSU BPJS Ketenagakerjaan 2022.

Baca Juga: Niat dan Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh Bulan Muharram, Boleh Dikerjakan Tidak Berurutan?

Jadi, berdasarkan pernyataan Menaker Ida Fauziyah di atas dipastikan bahwa BSU BPJS Ketenagakerjaan 2022 atau BLT Subsidi Gaji pasti cair.

Demikian informasi BSU BPJS Ketenagakerjaan 2022 tak kunjung cair hingga  2022, apa alasan pencairan BLT BPJS Ketenagakerjaan belum juga disalurkan ke rekening penerima.

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harga Emas Antam 5 Oktober 2022 Naik Rp10.000

Rabu, 5 Oktober 2022 | 11:58 WIB
X