Penulis Novel Ayat-Ayat Setan, Ditikam Orang Tak Dikenal saat Beri Kuliah Umum

- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 12:00 WIB
Salman Rushdie penulis Novel Ayat-Ayat Setan ditikam berkali-kali oleh orang tak dikenal, saat dirinya memberikan kuliah umum di New York. (Foto: www.bbc.co.uk)
Salman Rushdie penulis Novel Ayat-Ayat Setan ditikam berkali-kali oleh orang tak dikenal, saat dirinya memberikan kuliah umum di New York. (Foto: www.bbc.co.uk)

NEW YORK, AYOSURABAYA.COM - Penulis Novel Ayat-ayat Setan, Salman Rushdie ditikam orang tak dikenal pada area leher dan perut, saat dirinya memberikan kuliah umum di atas panggung untuk sebuah acara di New York pada Jumat (12/8/2022).

Salman Rushdie (75) langsung dibawa ke rumah sakit untuk menjalani serangkaian operasi, akibat tikaman tersebut.

Agennya, Andrew Wylie, mengatakan, Salman Rushdie menggunakan ventilator sejak Jumat (12/8/2022) malam. Ia mengatakan, Salman mengalami cedera hati, saraf terputus di lengan, serta mata yang kemungkinan besar akan hilang.

Baca Juga: Contoh Teks Pidato Singkat dan Mudah Dihapal, Referensi Sambutan Acara 17 Agustus 2022 di Sekolah

Polisi telah mengidentifikasi penyerang, yakni Hadi Matar (24) dari Fairview, New Jersey. Dia ditangkap di tempat kejadian dan sedang menunggu dakwaan. Matar lahir satu dekade setelah “The Satanic Verses” diterbitkan.

"Motif serangan itu tidak jelas," kata polisi negara bagian Mayor Eugene Staniszewski, seperti dilansir Republika--laman jejaring AyoSurabaya.com pada Sabtu (13/8/2022).

Koresponden Associated Press menyaksikan penyerang menghampiri Rushdie di atas panggung saat ia hendak memberikan kuliah umumm di Chautauqua Institution. Menurutnya, penyerang meninju atau menikamnya 10 hingga 15 kali. Penulis didorong sampi jatuh ke lantai, dan pria itu ditangkap.

Baca Juga: YTMP3: Cara Convert Video YouTube ke MP3 Tanpa Aplikasi dengan Mudah, Ikuti Panduan Ini

Dr Martin Haskell, seorang dokter yang termasuk di antara mereka yang bergegas untuk membantu. Ia mengatan luka Rushdie serius tetapi dapat dipulihkan. Moderator acara Henry Reese (73 tahun) salah satu pendiri organisasi yang menawarkan residensi kepada penulis yang menghadapi penganiayaan, juga diserang.

Halaman:

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ulama Tersohor Dunia Yusuf Al Qaradhawi Meninggal Dunia

Selasa, 27 September 2022 | 06:27 WIB

7 Fakta Xi Jinping Hingga Disebut Jadi Tahanan Rumah

Senin, 26 September 2022 | 13:53 WIB
X