Komnas HAM Periksa Bharada E, Chat dan Foto Dikonfirmasi dalam Kasus Brigadir J

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 07:29 WIB
Komnas HAM periksa Bharada E untuk kedua kalinya terkait kasus Brigadir J. (Pikiran Rakyat)
Komnas HAM periksa Bharada E untuk kedua kalinya terkait kasus Brigadir J. (Pikiran Rakyat)

AYOSURABAYA.COM -- Kasus kematian Brigadir J masih bergulir. Pemeriksaan tersu dilakukan termasuk kepada Bharada E atau Bharada Richard Eliezer yang kini resmi menyandang status Justice Collaborator (JC).

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia atau Komnas HAM pun memberikan keterangan setelah menyelesaikan pemeriksaan terhadap Bharada E untuk kedua kalinya terkait kasus penembakan Brigadir J.

Pemeriksaan oleh Komnas HAM terhadap Bharada E dilakukan di Mabes Polri, Jakarta pada Senin 15 Agustus 2022. Pemeriksaannya meliputi konfirmasi obrolan atau chat dan dokumentasi berupa foto atas insiden yang menewaskan Brigadir J di rumah dinas mantan Kadiv Propam Irjen Pol Ferdy Sambo.

Baca Juga: Bharada E Resmi Jadi Justice Collaborator dalam Kasus Brigadir J, LPSK: Bisa Ketawa Saat Dipancing Bercanda

Komnas HAM melalui Choirul Anam menjelaskan hasil konfirmasi chat dan foto terhadap Bharada E sebagai tersangka penembakan Brigadir J pada 8 Juli 2022 lalu.

Choirul Anam mengatakan sejumlah bahan penyelidikan yang dikonfirmasi lembaganya berasal dari temuan yang diperoleh hasil rangkaian pemeriksaan.

"Kami memang berangkat dari apa yang sudah dimiliki oleh Komnas HAM baik keterangan-keterangan, sebelumnya maupun bahan bahan yang lain. Misalnya foto, terus yang lain juga kita punya percakapan yang tedapat dalam bingkai cyber, hp dengan hp dan sebagainya itu tadi kami konfirmasi," kata Anam saat menggelar konferensi pers di kantor Komnas HAM, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (15/8/2022).

Baca Juga: Viral! Diduga Bharada E Eksekutor Kasus Brigadir J Pakai Baju Orange: Ganteng, Mirip jefri Nichole

Dari hasil pemeriksaannya, Komnas HAM mengklaim mendapatkan keterangan yang semakin menguatkan indikasi obscration of justice atau upaya penghalangan proses hukum pada kasus kematian Brigadir J.

Halaman:

Editor: Reny Diana Putri

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X