Siapa Azyumardi Azra? Sosok Cendekia Islam yang Menulis Banyak Buku, Menjadi ‘Sir’ Pertama di Indonesia

- Minggu, 18 September 2022 | 15:31 WIB
Potret Azyumardi Azra bersama kawan-kawannya saat sekolah di Universitas Columbia. (Instagram/prof.azyumardi)
Potret Azyumardi Azra bersama kawan-kawannya saat sekolah di Universitas Columbia. (Instagram/prof.azyumardi)

AYOSURABAYA.COM -- Dunia pendidikan dan jurnalistik harus berduka pada Minggu, 18 September 2022 terkait kabar wafatnya seorang cendekia Islam, Azyumardi Azra di usia 67 tahun.

Pria tersebut harus menjalani masa-masa kritisnya justru bukan di tanah air Indonesia, melainkan di rumah sakit negeri seberang, Malaysia yang diduga dalam masa perawatan akibat terserang COVID-19.

Azyumardi sendiri merupakan sosok flamboyan yang dikenal dalam dunia pendidikan di Indonesia, khususnya dalam kajian Islam. Beliau juga baru saja menerima jabatan selaku ketua Dewan Pers pada Mei 2022 kemarin.

Baca Juga: Siap-Siap! BSU 2022 Tahap 2 Cair Pekan Depan, Ini Cara Daftarnya BLT Subsidi Gaji Rp600 Ribu

Azyumardi Azra merupakan kelahiran Minang tulen pada tahun 1955 silam. Ia dikenal oleh khalayak sebab masa jabatannya sebagai rektor dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Di sana, beliau menerima pekerjaan sejak tahun 1998 hingga berakhir 2006. Perjalanannya dalam dunia pendidikan dan mencerdaskan masyarakat, begitu kuat dan produktif.

Azyumardi dengan kapasitas pengetahuannya itu, telah mulai menerbitkan buku sejak tahun 1994 hingga kali terakhir pada 2020 lalu.

Baca Juga: Selain MP3 Juices, Pakai Ini Biar Download Video YouTube Jadi MP3 Makin Praktis dan Mudah

Sebuah buku yang kebanyakan berisi narasi Islamiah dan perpolitikan, ide-ide yang secara tidak langsung telah membantu banyak akademisi dalam menjalani masa studinya.

Diantara buku-bukunya, beberapa merupakan familiar bagi dunia intelektual, kendati terbitan yang sudah dibuat dari suami Ipah Farihah itu hampir mencapai 20 buku.

Halaman:

Editor: Reny Diana Putri

Sumber: Wikipedia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X