RESMI! BSU 2022 Tahap 2 Cair Minggu Ini, Begini Proses Penyalurannya

- Senin, 19 September 2022 | 21:35 WIB
Kementerian Ketenagakerjaan baru saja mengumumkan bahwa BSU tahap 2 akan segera disalurkan dalam hitungan hari.  (Pexels)
Kementerian Ketenagakerjaan baru saja mengumumkan bahwa BSU tahap 2 akan segera disalurkan dalam hitungan hari.  (Pexels)

AYOSURABAYA.COM -- Kementerian Ketenagakerjaan baru saja mengumumkan bahwa BSU tahap 2 akan segera disalurkan dalam hitungan hari. 

Informasi tersebut disampaikan melalui akun instagram resmi @kemnaker pada minggu, 18 September 2022.
 
"Bersiap! BSU tahap 2 cair beberapa hari lagi," tulis admin @kemnaker.
 
 
Lebih lanjut pihak Kementerian Ketenagakerjaan menjelaskan bahwa saat ini pihak Kemnaker sedang melakukan proses verifikasi dan validasi data penerima BSU sesuai dengan Permenaker nomor 10 tahun 2022.
 
Proses verifikasi dan validasi tersebut diusahakan dilakukan secara cepat dan tepat sehingga diharapkan BSU 2022 dapat dirasakan manfaatnya secara luas oleh pekerja/buruh. 
 
Saat ini Kemnaker telah mengantongi data calon penerima BSU tahap 2 yang berjumlah 2.406.915 pekerja/buruh dari BPJS Ketenagakerjaan. 
 
 
Sembari menunggu terselesaikannya proses verifikasi dan validasi data, Kementerian Ketenagakerjaan melalui akun instagramnya juga menjelaskan kepada masyarakat tentang proses penyaluran dana BSU 2022
 
Hal tersebut dimaksudkan agar calon penerima BSU memahami sampai mana proses yang sedang dijalaninya. 
 
Berikut ini proses penyaluran BSU tahun 2022 sebagaimana dikutip dari laman instagram @kemnaker.
 
 
1. Kantor BPJS mengirimkan data calon penerima BSU yang telah memenuhi persyaratan kepada Kementerian Ketenagakerjaan
 
2. Kementerian Ketenagakerjaan melakukan pengecekan dan pemadanan data calon penerima BSU yang disampaikan oleh BPJS Ketenagakerjaan
 
3. Apabila terdapat data Anomali maka Kemnaker akan mengembalikan data untuk diperbaiki BPJS Ketenagakerjaan
 
4. Hasil pengecekan dan pemadanan data calon penerima BSU selanjutnya akan ditetapkan oleh kuasa pengguna anggaran untuk dilakukan proses pencairan dana BSU melalui kantor KPPN 
 
5. Dana BSU yang sudah dicairkan selanjutnya dilakukan pemindah bukuan atau transfer ke rekening penerima bantuan pemerintah melalui Bank Himbara (Himpunan Bank Negara), Bank Syarian Indonesia untuk Provinsi Aceh, dan PT Pos Indonesia bagi yang tidak memiliki rekening di Bank Himabara. 
 
Apabila saat ini Kemnaker menjelaskan bahwa sedang melakukan proses pengecekan dan verifikasi data, maka masih ada tiga langkah lagi yang harus dilakukan. Jadi rekan pekerja harap bersabar ya.
 
Kemnaker melalui update terakhirnya jugasudah memberi titik terang bahwa BSU tahap 2 akan segera cair dalam beberapa hari lagi. 
 
Itu berarti kemungkinan besar akan masuk ke rekening masing-masing penerima dalam minggu ini. Siap-siap cek rekening ya sobat. 
 
Apabila masih belum mengetahui apakah kamu termasuk calon penerima BSU atau tidak, kamu dapat melakukan pengecekan data melalui website BSU kemnaker dan BPJS Ketenagakerjaan. Semoga informasi ini bermanfaat.***

Editor: Lilisnawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bank BTN Road Show Tabungan BTN Bisnis di Medan

Minggu, 25 September 2022 | 17:18 WIB
X