Niat Puasa Senin Kamis dan Bacaan Doa Buka Puasa dalam Latin dan Artinya Plus Manfaatnya

- Rabu, 21 September 2022 | 16:59 WIB
Niat puasa Senin Kamis dan bacaan doa buka puasa dalam latin dan artinya lengkap beserta manfaatnya (Pixabay @ Bellahu123 / 250 images)
Niat puasa Senin Kamis dan bacaan doa buka puasa dalam latin dan artinya lengkap beserta manfaatnya (Pixabay @ Bellahu123 / 250 images)

AYOSURABAYA.COM -- Berikut niat puasa Senin Kamis dan bacaan doa buka puasa dalam latin dan artinya lengkap beserta manfaatnya.

Puasa Senin Kamis merupakan puasa yang dikerjakan pada hari Senin dan Kamis. Puasa ini menjadi salah satu yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW karena manfaatnya.

Puasa Senin Kamis merupakan puasa sunnah yang dikerjakan seperti puasa-puasa lainnya. Mengerjakan puasa ini berarti akan mendapatkan pahala dan tidak berdosa jika tidak ditunaikan.

Baca Juga: Tes Kepribadian: Hewan yang Pertama Kali Dilihat Ungkap Karakter Seseorang Hingga Kesesuaian Karir

Sementara, dalil yang menguatkan puasa sunnah Senin Kami ini ada di sejumlah hadits riwayat Nabi Muhammad SAW, berikut ini:

- Hadits yang diriwayatkan oleh Siti 'Aisyah r.a, "Adalah Nabi Shallallahu 'Alaihi wa sallam memperbanyak puasa pada hari Senin & Kamis." (HR. Al-Tirmidzi, An-Nasa'i dan Ibnu Majah. Hadits ini dishahihkan Al-Albani).

- Hadits dari Abu Qatadah r.a, Rasulullah SAW ditanya mengenai puasa Senin, lalu menjawab, "Hari Senin adalah hari lahirku, hari aku mulai diutus atau hari mulai diturunkannya wahyu." (HR. Muslim).

- Hadits lain menjelaskan, "Dari Abi Hurairah r.a, Rasulullah SAW bersabda: "Seluruh amal disetor pada hari Senin dan Kamis, maka aku lebih menyukai saat setor amal tersebut dalam keadaan berpuasa." (HR. Tirmidzi).

Baca Juga: BSU 2022 Tahap 2 Rp600 Ribu Sudah Cair, Pekerja Kena PHK Bisa Dapat BLT Subsidi Gaji?

Niat Puasa Senin

Halaman:

Editor: Reny Diana Putri

Sumber: AyoSurabaya.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hati-hati! 3 Makanan Ini Picu Kebutaan

Rabu, 5 Oktober 2022 | 18:30 WIB
X