3 Fakta Menguak Romantisnya Bung Karno dan PKI

- Jumat, 23 September 2022 | 06:15 WIB
Fakta Bung Karno yang dikabarkan dekat dengan PKI dan G30S  (kribrispdr)
Fakta Bung Karno yang dikabarkan dekat dengan PKI dan G30S (kribrispdr)

AYOSURABAYA.COM -- Kabar mengenai keintiman sosok Bung Karno dengan PKI bukanlah sebuah rahasia dapur belaka. Hal tersebut telah menjadi konsumsi umum sejak masa Order Baru malang melintang di Indonesia.

Bung Karno banyak digambarkan sebagai sosok Pemimpin yang dikendalikan pasca kemerdekaan, dianggap kalau PKI sebagai otak dari kebijakan yang dibuatnya.

Situasi yang dianggap sebagai penyebab dari lengsernya sang Proklamator, dari tampuk kepemimpinan yang ia pernah deklarasikan akan berada di sana seumur hayat.

Melalui tulisan seorang Brigjen sekaligus penulis cerpen di era Order Baru, Nugroho Notosusanto, Sukarno digambarkan sebagai bagian integral dari ekosistem partai komunis non-penguasa terbesar di dunia setelah Uni Soviet dan Tiongkok itu.

Hal yang mendasari kemudian kalau kehancuran karir politiknya adalah buah dari keterlibatannya dengan Partai Komunis tersebut.

Sosok Notosusanto juga cukup kontroversial di masanya, ia adalah orang yang menulis skenario film Pengkhianatan G30S/PKI yang merupakan muatan versi Order Baru.

Tayangan dengan kisah percobaan kudeta yang dilakukan kelompok Aidit selaku ketua, dengan membunuh para jenderal itu merupakan tayangan wajib tonton setiap tahunnya di era kepemimpinan Suharto.

Notosusanto juga menjadi kontroversial lantaran menyebut kalau Sukarno bukanlah orang yang membuat Pancasila, melainkan Muhammad Yamin pencetus sebenarnya. Sukarno dianggap sebagai penerus saja, dari ide pelopor Sumpah Pemuda tersebut.

Film yang digawangi mantan pemimpin redaksi Kompas itu juga pada akhirnya, dianggap sekedar bentuk tayangan propaganda pemimpin belaka. Seperti yang diungkap sejarawan Universitas Gadjah Mada, Sri Margana.

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harga Emas Antam Kamis 29 September 2022 Naik Rp10.000

Kamis, 29 September 2022 | 10:08 WIB
X