Jadwal Rekrutmen dan Seleksi PPPK Guru 2022 Plus Informasi Tiga Prioritas Pelamar

- Jumat, 23 September 2022 | 17:02 WIB
Jadwal seleksi PPPK Guru 2022 dan tiga prioritas pelamar. (Instagram @bkn.go.id)
Jadwal seleksi PPPK Guru 2022 dan tiga prioritas pelamar. (Instagram @bkn.go.id)

AYOSURABAYA.COM -- Sebanyak 319.716 lowongan dibuka khusus untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru.

Jumlah PPPK Guru tersebut lebih dari separuh kebutuhan aparatur sipil negara (ASN) nasional tahun 2022 yang ditetapkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) sebanyak 530.028 lowongan.

Terkait Kebutuhan PPPK Guru tersebut, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim mengeluarkan Keputusan Mendikbudristek Nomor 349/P/2022 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja untuk Jabatan Fungsional Guru Pada Instansi Daerah Tahun 2002.

Baca Juga: Surat Pemecatan Ferdy Sambo Diserahkan Polri Hari Ini, Nasib Mantan Kadiv Propam Itu Sudah Diujung Tanduk!

Selain memuat jadwal, tata cara, dan hal-hal lain terkait rekrutmen PPPK Guru, sedikitnya ada tiga pelamar yang diprioritaskan.

Pertama, peserta yang telah mengikuti seleksi PPPK untuk jabatan fungsional Guru Tahun 2021 dan telah memenuhi Nilai Ambang Batas (NAB), namun belum mendapat formasi.

Guru Tenaga Honorer Kategori II (THK II) yang tidak termasuk dalam THK-II, tentunya pada kategori pelamar prioritas I.

Ketiga, Guru non-ASN kategori pelamar prioritas I yang aktif mengajar minimal tiga tahun atau setara dengan enam semester pada Dapodik.

Baca Juga: Mulan Jameela Minta Pemerintah Kaji Ulang Terkait Program Kompor Induksi

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Abdullah Azwar Anas sempat meyinggung jadwal seleksi PPPK yang akan berlangsung akhir September 2022 nanti.

Halaman:

Editor: Reny Diana Putri

Sumber: Kemenpan-RB

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mau Daftar ASN PNS atau PPPK? Kenali Perbedaan Keduanya

Kamis, 15 September 2022 | 07:42 WIB
X