Hal yang Harus Kita Lakukan Saat Maulid Nabi, Ternyata Bukan Hanya Sekedar Ibadah

- Selasa, 27 September 2022 | 11:53 WIB
Maulid Nabi Muhammad SAW 2022 tanggal berapa? (David Monje on Unsplash)
Maulid Nabi Muhammad SAW 2022 tanggal berapa? (David Monje on Unsplash)

AYOSURABAYA.COM -- Maulid Nabi menjadi momen yang dinanti-nanti umat Islam. Pasalnya di hari tersebut semua muslim di dunia akan mengenang hari kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Meski begitu, saat ini masih ada beberapa pandangan berbeda tentang Maulid Nabi Muhammad SAW. Ada yang menganjurkannya, ada juga yang tidak.

Di Arab Saudi sendiri, perayaan Maulid Nabi dianggap sebagai sesuatu yang tabu. Lantaran peringatan tersebut muncul jauh setelah Rasulullah wafat dan bukan merupakan tuntunan islam.

Meski demikian, ada pula ulama yang mengganggap perayaan Maulid Nabi memberikan manfaat yang jauh lebih besar dari pada nilai bid'ahnya.

Di Indonesia sendiri Maulid Nabi dirayakan dengan acara pengajian, bershalawat, dan kajian-kajian keagamaan di majelis-majelis ilmu.

Dilansir dari Republika.co.id, Ketua Komisi Dakwah MUI, KH Cholil Nafis, mengatakan, umat Islam merayakan Maulid Nabi Muhammadiyah SAW karena gembira atas peringatan hari lahir orang yang paling mulia yang pernah hadir di muka bumi sebab, sejak Rasulullah SAW lahir ke muka bumi kehadirannya telah mendatangkan rahmat bagi alam semesta.

Baca Juga: Cara Daftar Prakerja Gelombang 46 Paling Mudah, Bisa Dilakukan di HP

"Karena sejak Rasululullah SAW lahir, (beliau) sudah mendatangkan rahmat bagi kita," kata Kiai Cholil saat dihubungi Republika.co.id, Kamis (21/7/2022). Dia menyatakan dalam Alquran surat Yunus ayat 58, Allah SWT berfirman:

قُلْ بِفَضْلِ اللَّهِ وَبِرَحْمَتِهِ فَبِذَٰلِكَ فَلْيَفْرَحُوا هُوَ خَيْرٌ مِمَّا يَجْمَعُونَ

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ulasan The Movie Tensura Sub Indo 2022

Kamis, 1 Desember 2022 | 18:56 WIB

Kameramen Baim Wong Bakal Diperiksa Polisi Besok

Senin, 10 Oktober 2022 | 19:55 WIB
X