Hukum Merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Amalan yang Dianjurkan

- Selasa, 27 September 2022 | 12:34 WIB
Ilustrasi. Maulid Nabi Muhammad SAW. (David Monje on Unsplash)
Ilustrasi. Maulid Nabi Muhammad SAW. (David Monje on Unsplash)

AYOSURABAYA.COM -- Bagaimana hukum merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW, pendapat para ulama, dan amalan-amalan apa saja yang dianjurkan?

Melansir laman MUI, memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW tidak termasuk bid’ah dhalalah (mengada-ada yang buruk) tetapi bid’ah hasanah (sesuatu yang baik).

Secara resmi tidak ada dalil yang mengharamkan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Dengan kata lain, perayaan hari lahir Nabi Muhammad SAW boleh diperingati.

Baca Juga: Sedang Viral di WhatsApp, Begini Cara Pakai Scrolling Text

Lantas, bagaimana cara merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW? Seperti yang Rasulullah lakukan, puasa setiap hari Senin sebagai bentuk syukur atas kelahiran dan awal diterimanya wahyu.

“Dari Abi Qotadah al-Anshori RA sesungguhnya Rasulullah SAW pernah ditanya mengenai puasa hari senin. Rasulullah SAW menjawab: Pada hari itu aku dilahirkan dan wahyu diturunkan kepadaku”. (H.R. Muslim)

Sementara, tanggapan Imam al Suyuthi mengenai hukum perayaan Maulid Nabi tertuang seperti berikut ini:

“Menurut saya asal perayaan maulid Nabi SAW, yaitu manusia berkumpul, membaca al-Qur’an dan kisah-kisah teladan Nabi SAW sejak kelahirannya sampai perjalanan hidupnya. Kemudian dihidangkan makanan yang dinikmati bersama, setelah itu mereka pulang. Hanya itu yang dilakukan, tidak lebih. Semua itu tergolong bid’ah hasanah(sesuatu yang baik). Orang yang melakukannya diberi pahala karena mengagungkan derajat Nabi SAW, menampakkan suka cita dan kegembiraan atas kelahiran Nabi Muhamad saw yang mulia”.  (Al- Hawi Li al-Fatawa, juz I, h. 222)

Baca Juga: Maulid Nabi 2022 Tanggal Berapa? Ini Daftar Libur Nasional atau Tanggal Merah 2022

Sementara, Ibnu Hajar al-Haithami pun turut berpendapat mengenai perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, sebagai berikut:

Halaman:

Editor: Reny Diana Putri

Sumber: MUI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ulasan The Movie Tensura Sub Indo 2022

Kamis, 1 Desember 2022 | 18:56 WIB

Kameramen Baim Wong Bakal Diperiksa Polisi Besok

Senin, 10 Oktober 2022 | 19:55 WIB
X