Asal Muasal Nama-Nama Bintang di Angkasa Ternyata dari Bahasa Arab Lho, Begini Penjelasannya

- Selasa, 27 September 2022 | 14:29 WIB
Asal Muasal Nama-Nama Bintang di Angkasa Ternyata dari Bahasa Arab (Unsplash.com - Greg Rakozy)
Asal Muasal Nama-Nama Bintang di Angkasa Ternyata dari Bahasa Arab (Unsplash.com - Greg Rakozy)

AYOSURABAYA.COM - Mungkin kerap kali kita bertanya-tanya, dari mana asal muasal nama-nama bintang di angkasa yang kita kenal di buku-buku sains modern.

Namun, apakah kalian tahun, bahwa sebenarnya nama-nama bintang di angkasa tersebut, sebagian berasal dari bahasa Arab lho.

Nama-namanya bintang itu umumnya dalam tulisan latin, tetapi kita sering dapat menemukan jejak kata-kata Arab di dalamnya.

Baca Juga: 15 Tema Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 Hijriah

Astronom Islam, seperti Abd al-Rahman al-Sufi memiliki peran penting dalam proses pengetahuan kita tentang astronomi. Mereka menerjemahkan informasi penting, seperti karya terkenal Ptolemy, Almagest.

Karya ini termasuk garis besar kosmologi Aristoteles, gerakan bintang-bintang, bulan, Jupiter dan Saturnus, gerhana dan sebagainya. Untuk dapat menerjemahkan sebuah karya serumit ini, seseorang harus memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang materi itu sendiri.

Para astronom Arab tidak hanya menerjemahkan karya-karya tersebut, tetapi juga menambahkan banyak informasi penting sendiri. Banyak dari nama-nama bintang ini akhirnya disalin dan digunakan di Eropa, seringkali tidak mengetahui asal usul nama-nama ini adalah bahasa Arab.

Baca Juga: Naskah Khutbah Jumat Singkat dan Terbaru dengan Tema Bertakwa Semampunya, Lengkap Dengan Doanya

Dilansir Republika--media jejaring AyoSurabaya.com pada Selasa, 27 September 2022, berikut ini beberapa contoh nama latin dari bintang terang yang berasal dari bahasa Arab.

Halaman:

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ulasan The Movie Tensura Sub Indo 2022

Kamis, 1 Desember 2022 | 18:56 WIB

Kameramen Baim Wong Bakal Diperiksa Polisi Besok

Senin, 10 Oktober 2022 | 19:55 WIB
X