Amalan Maulid Nabi Muhammad SAW di Bulan Rabiul Awal

- Selasa, 27 September 2022 | 19:44 WIB
Amalan Maulid Nabi Muhammad SAW di bulan Rabiul Awal. (unsplash/grstocks)
Amalan Maulid Nabi Muhammad SAW di bulan Rabiul Awal. (unsplash/grstocks)

AYOSURABAYA.COM -- Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW sudah menjadi salah satu tradisi perayaan keagamaan umat muslim di Indonesia.

Maulid Nabi Muhammad SAW dirayakan setiap tahun pada bulan Rabiul Awal pada kalender Hijriah. Bulan Rabiul Awal merupakan bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Tepatnya pada tanggal 12 Rabiul Awal Maulid Nabi Muhammad SAW diperingati. Pada 2022 ini, hari kelahiran Rasulullah SAW jatuh pada Sabtu, 8 September 2022.

Baca Juga: Penemuan Narkoba Jenis Opium Berusia 3500 Tahun Ada di Israel, Ini Jejak Sejarahnya

Pada malam tersebut umat muslim merayakan dengan ibadah-ibadah sunnah guna berharap memperoleh syafaat yang dari Rasulullah.

Melansir dari NU Online, Sayyid Muhammad bin Alwi Al Maliki dalam kitab Mafahim Yajib an Tushahhah mengatakan jika peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan bentuk tradisi yang baik di masyarakat, bukan termasuk bagian dari masalah ibadah yang dipersoalkan keabsahannya.

Menurutnya, Maulid Nabi menjadi momen efektif untuk mendakwahkan teladan akhlak Rasulullah, sejarah kehidupan, perjuangan, bisnis, politik, strategi kepemimpinan, dan cara ibadah Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga: Timnas Indonesia vs Curacao: Hitung-Hitungan Ranking FIFA, Malam Ini Kick Off Jam 20.00 WIB

Maulid Nabi juga seringkali diartikan sebagai bentuk rasa Syukur atas lahirya Nabi Muhammad membawa agama Islam ke bumi. Selain itu, Maulid ini juga bisa diartikan sebagai bagaimana cara kita untuk meneladani Nabi Muhammad SAW.

Biasanya pada malam tersebut, banyak masyarakat yang pergi menuju masjid untuk melakukan amalan-amalan yang biasa dilaksanakan di malam itu, seperti berikut:

Halaman:

Editor: Reny Diana Putri

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ulasan The Movie Tensura Sub Indo 2022

Kamis, 1 Desember 2022 | 18:56 WIB

Kameramen Baim Wong Bakal Diperiksa Polisi Besok

Senin, 10 Oktober 2022 | 19:55 WIB
X