3 Orang yang Memiliki Firasat Paling Tajam di Dunia

- Rabu, 28 September 2022 | 08:25 WIB
Orang yang memiliki firasat tajam -- Niat, tata cara, doa, dan waktu yang dianjurkan dalam menunaikan sholat taubat (Pexels.com - Alena Darmel)
Orang yang memiliki firasat tajam -- Niat, tata cara, doa, dan waktu yang dianjurkan dalam menunaikan sholat taubat (Pexels.com - Alena Darmel)

AYOSURABAYA.COM -- Ada tiga orang yang dinyatakan memiliki firasat paling tajam di dunia. antas siapakah mereka?

Orang-orang dengan firasat tajam tersebut tentu memiliki kemampuan yang istimewa. Mereka bahkan disanjung oleh Allah SWT.

Firasat merupakan kecakapan untuk mengetahui sesuatu dengan melihat sua tu keadaan atau gelagat.

Allah memuji orang-orang memiliki firasat tajam. Kemampuan mereka itu adalah salah satu tanda kekuasaan- Nya.

Dilansir dari Republika.co.id, dalam riwayat Abu Said Al-Khudri RA, Rasulullah SAW bersabda sebagai berikut:

عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ، قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم ‏"‏ اتَّقُوا فِرَاسَةَ الْمُؤْمِنِ فَإِنَّهُ يَنْظُرُ بِنُورِ اللَّهِ ‏ ‏

“Takutlah kamu terhadap firasat orang yang beriman. Sungguh, dia melihat dengan cahaya Allah.” (HR Tirmidzi).  

Baca Juga: Pasien Penyakit Jantung di Indonesia Didominasi Pekerja Pemerintahan, dari TNI hingga PNS

Dalam buku "Kecerdasan Fuqaha & Kecerdikan Khulafa (terjemahan atas Dzaka-u al-Fuqaha wa Daha-u al-Khulafa)", karya Syekh Muhammad Khubairi, antara lain membicarakan topik firasat serta jawaban-jawaban cerdas dan bermakna ganda.

Dalam membahas perkara firasat, Syekh Muhammad Khubairi menukil pendapat Abdullah bin Masud yang menyatakan, ada tiga orang yang memiliki firasat tertajam.

Mereka adalah istri Firaun, seorang pembesar Mesir al-Aziz, dan Abu Bakar ash-Shiddiq. Yang pertama itu merupakan seorang wanita yang menyelamatkan Nabi Musa alaihissalam dengan meyakinkan suaminya bahwa bayi laki-laki itu adalah penyejuk mata (qurrata a'yun).

وَقَالَتِ امْرَأَتُ فِرْعَوْنَ قُرَّتُ عَيْنٍ لِي وَلَكَ ۖ لَا تَقْتُلُوهُ عَسَىٰ أَنْ يَنْفَعَنَا أَوْ نَتَّخِذَهُ وَلَدًا وَهُمْ لَا يَشْعُرُونَ

“Dan berkatalah istri Firaun, '(Dia) adalah penyejuk mata hati bagiku dan bagimu. Janganlah kamu membunuhnya, mudah-mudahan ia bermanfaat kepada kita atau kita ambil ia menjadi anak,' sedangkan mereka tiada menyadari.” (QS Al Qasas ayat 9).

Baca Juga: Update Ramalan Zodiak Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, dan Virgo Hari Ini

Adapun al-Aziz, menyelamatkan Nabi Yusuf alaihissalam yang masih remaja sesudah putra Nabi Ya'qub AS itu mengalami pembuangan oleh saudara-saudaranya.

وَقَالَ الَّذِي اشْتَرَاهُ مِنْ مِصْرَ لِامْرَأَتِهِ أَكْرِمِي مَثْوَاهُ عَسَىٰ أَنْ يَنْفَعَنَا أَوْ نَتَّخِذَهُ وَلَدًا ۚ

“Dan orang Mesir yang membelinya berkata kepada istrinya, 'Berikanlah kepadanya tempat (dan layanan) yang baik, boleh jadi ia bermanfaat bagi kita atau kita pungut ia sebagai anak.' (QS Yusuf ayat 21).

Sementara itu, Abu Bakar menunjukkan kuat firasatnya tatkala mengangkat Umar bin Khattab sebagai amirul mukminin sesudah dirinya. Syekh Khubairi menambahkan, ada berbagai kisah dalam Alquran yang memperlihatkan kekuatan firasat.

Misalnya, sewaktu Nabi Yusuf difitnah telah berbuat keji terhadap istri pembesar Mesir.

Baca Juga: Sholawat yang Sebaiknya Dibaca saat Peringatan Maulid Nabi 2022, Ini Bacaannya dalam Tulisan Latin dan Artinya

Seorang penasihat kerajaan lalu memberitahu bahwa apabila baju Nabi Yusuf robek di bagian belakang maka pernyataan pemuda Bani Israil itu benar adanya.

فَلَمَّا رَأَىٰ قَمِيصَهُ قُدَّ مِنْ دُبُرٍ قَالَ إِنَّهُ مِنْ كَيْدِكُنَّ ۖ إِنَّ كَيْدَكُنَّ عَظِيمٌ

“Maka, ketika ia (suami perempuan itu) me lihat baju gamisnya (Yusuf) ko yak di bagian belakang, ia berkata, 'Sesungguhnya ini adalah tipu dayamu (wahai perempuan). Tipu dayamu benar-benar hebat.' (QS Yusuf ayat 28).   

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ulasan The Movie Tensura Sub Indo 2022

Kamis, 1 Desember 2022 | 18:56 WIB

Kameramen Baim Wong Bakal Diperiksa Polisi Besok

Senin, 10 Oktober 2022 | 19:55 WIB
X